ads

10 Ponsel Paling Klasik Yang Pernah Dibuat Nokia

Jumat, 13 September 2013
(Nokia 8110 atau Nokia Pisang)

Nokia produsen ponsel asal Finlandia, pernah mendominasi pasar ponsel selama lebih dari satu dekade, berbagai ponsel fenomenal pernah diraih oleh Nokia, tapi kini Nokia menghadapi kejatuhan dan akhirnya dibeli oleh Microsoft sebesar 82 Trilyun Rupiah. Nokia mengalami penurunan penjualan dan dikalahkan oleh vendor lain seperti Apple dan Samsung. 

Meskipun Nokia akan diambil alih oleh Microsoft, tetapi tentu kita tidak akan melupakan produk-produk yang dulu begitu fenomenal dan terlihat klasik pada saat ini. 

Berikut 10 ponsel paling klasik yang pernah dibuat oleh Nokia

  1. Nokia 1011. Ponsel ini merupakan ponsel GSM pertama Nokia yang dirilis pada tanggal 10 November 1992. Nama 1011 mengacu pada tanggal dan bulan rilis, 10 November pada waktu itu. Model ini tidak memiliki ringtone Nokia tune, perusahaan ini memperkenalkannya pada tahun 1994. Ponsel ini lebih berat dari ponsel-ponsel saat ini, handset ini memiliki berat 495 gram dan layar dengan 2 baris dengan 8 karakter menggunakan layar LCD monokrom. Ponsel ini hanya bisa menyimpan hingga 99 kontak dan waktu bicara hanya 90 menit. Handset ini bisa bertahan selama 12 jam dalam mode siaga. 
  2. Nokia 8110. Ponsel ini dirilis pada tahun 1996 dan merupakan ponsel slider pertama. Telepon mendapatkan popularitas setelah digunakan dalam film Matrix, yang meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Ponsel ini sering disebut dengan Nokia Pisang karena bentuknya seperti pisang, dan merupakan ponsel terkecil dan paling ringan pada saat itu. Nokia ini memiliki baterai yang lebih baik dengan kemampuan 400mAh Li-on. 
  3. Nokia 9000 Communicator. Ponsel ini merupakan ponsel digital dengan fitur lengkap yang diluncurkan pada tahun 1996. Ponsel ini memiliki keypad QWERTY dan benar-benar sebuah handset yang berorientasi untuk pebisnis. Communicator ini bisa digunakan selama 130 menit waktu bicara termasuk fitur seperti SMS, e-mail, dan faks serta dapat bertahan selama 30 jam waktu siaga. 
  4. Nokia 7650. Ponsel ini diluncurkan pada tahun 2002, yang merupakan Smartphone pertama Nokia. Ponsel ini memiliki model slider dan desain yang sama sekali baru dengan fitur tambahan. Ponsel ini memiliki kamera 0,3 megapiksel dan memiliki memori built-in 3,2 MB. Nokia 7650 tidak memecahkan rekor penjualan, tetapi melahirkan era ponsel kamera high-end. Ponsel ini memiliki berat 154 gr dan memiliki baterai lithium-ion 600mAh. 
  5. Nokia N-Gage. Merupakan ponsel yang dapat digunakan untuk perangkat game. Handset ini diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2003 dan Nokia sukses besar melebihi semua pesaingnya di pasar ponsel. Ponsel ini datang dengan fitur seperti GPRS, Bluetooth dan mampu memainkan nada dering polifonik. N-Gage dikembangkan dengan sistem operasi Symbian dan mampu menjalankan game Java. Handset ini datang dengan memori internal 3.4 MB dan memiliki slot kartu tambahan untuk menambah memori. 
  6. Nokia 7710. Ponsel ini merupakan ponsel pertama Nokia yang datang dengan tampilan layar sentuh. Nokia 7710 berjalan dengan versi baru dari sistem operasi Symbian. Perusahaan ini meluncurkan ponsel Nokia 7710 pada November 2004, tapi sayangnya ponsel ini tidak terlalu laku di pasaran. Nokia 7710 memiliki berat 189 gram, dan memiliki ruang internal 90MB yang dapat diperluas dengan memori eksternal hingga 2 GB. Ponsel ini memiliki kamera 1,3 megapiksel untuk merekam video dengan beberapa format pilihan. 
  7. Nokia 770 Internet Tablet. Model 770 adalah tablet berbasis internet Linux yang diluncurkan pada 25 Mei 2005 oleh Nokia. Tablet ini tidak memiliki fungsi telepon dan dengan layar sentuh dan resolusi 800x480 piksel. Nokia 770 Internet tablet ini dapat terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau Bluetooth dan memiliki RAM 64MB. Gadget ini memiliki berat 230 gram, dengan layar 4.1-inci dan mendukung semua format file. Aplikasi untuk Nokia 770 termasuk Internet Radio, image viewer dan pemutar media. 


  8. Nokia N93. Perangkat ini merupakan ponsel pertama dari Nokia yang memiliki lensa Carl Zeiss Tessar dengan kekuatan kamera 3,2 megapiksel. Ponsel ini datang dengan sistem operasi Symbian versi 9.1 dan dianggap sama dengan komputer. Nokia meluncurkan N93 pada tahun 2006, Smartphone ini memiliki layar sentuh 2,4 inci dengan memori internal 50MB dan slot kartu microSD. N93 ini bisa dihubungkan ke TV untuk menonton film dan juga fitur menarik untuk meng-upload video ke blog secara online. 



  9. Nokia N95. Ponsel ini diluncurkan secara besar-besaran oleh Nokia. Handset ini datang dengan kamera 5MP dengan lensa optik Carl Zeiss yang menjadikannya sebagai ponsel dengan kamera terbaik pada saat itu. Dengan layar LCD TFT 2,6 inci, serta memiliki memori built-in sebesar 160MB dan memiliki speaker ganda 3D built-in. Gadget ini memiliki pilihan konektivitas seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan port USB. Nokia meluncurkan N95 untuk bersaing dengan Apple di pasaran. Mereka berhasil mengambil alih pasar dengan ponsel ini dan Nokia N95 disebut sebagai 'pembunuh iPhone'. 

  10. Nokia 808 PureView. Merupakan ponsel pertama yang memiliki kamera 41MP. Sayangnya ponsel ini tidak mampu bertahan di pasar, walaupun sudah menggunakan kamera dengan kemampuan yang tinggi, tetapi gagal menarik pembeli . Nokia 808 PureView diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2012. Ponsel ini memiliki layar Super Amoled HD 4 inci, dengan RAM 512MB dan memiliki ruang memori sebesar 16 GB. Gadget ini juga menerima Gold Award oleh Digital Photography Review dan Inovasi Pencitraan Terbaik pada tahun 2012 dari Technical Image Press Association. Nokia 808 PureView adalah akhir dari sistem operasi Symbian dan menjadi awal baru perangkat Android mendominasi industri mobile. 

3 komentar for 10 Ponsel Paling Klasik Yang Pernah Dibuat Nokia :

  1. Dari dulu sampe skrg aku tetap setia pake NOKIA :-)

    BalasHapus
  2. nomor 5 paling ngtrend kang....

    BalasHapus
  3. Ponsel yang menarik untuk dipunyai kembali, hhehe :D

    yang cari Baterai Nokia 8110 dengan harga termurah bisa dicari di Katalog.or.id. Bandingkan harga dari semua lapak yang ada di Berbagai Online Shop Terkenal seperti Lazada, Tokopedia, maupun Bukalapak. Cari Yang termurah :D

    Terimakasih

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam