Sep 7, 2013

15 Fakta Tentang Google Yang Jarang Diketahui

15 Fakta Tentang Google Yang Jarang Diketahui

Tanggal 4 September lalu Google baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Perusahaan, yang berawal dari garasi Susan Wojcicki di Menlo Park, California, sekarang Google memiliki lebih dari 70 kantor di lebih dari 40 lokasi global, termasuk London, dengan kantor pusatnya yang dikenal sebagai Googleplex di Mountain View, California. 

Google sekarang menjadi mesin pencari nomor satu di dunia. Pada Januari 2013, Google mengumumkan telah memperoleh pendapatan sebanyak $ 50 miliar pada tahun 2012 lalu. Selama 15 tahun keberadaan Google, ada 15 fakta yang tersembunyi. 

Berikut 15 fakta yang jarang diketahui dari Google

  1. Mengapa Android dinamai makanan penutup atau permen?. Seperti kita ketahui sistem operasi Android menggunakan nama-nama makanan seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan baru-baru ini KitKat. Mengapa Google menggunakan nama makanan penutup atau permen untuk versi Androidnya? Google tidak mau menjelaskan mengapa, tetapi Randall Sarafa, juru bicara Google mengatakan, "Ini untuk memudahkan tim internal mengingat versi Android dengan nama makanan penutup sesuai dengan urutan abjad”. 
  2. Google Doodle. Google Doodle pertama kali digunakan pada saat perayaan festival Burning Man pada tahun 1998. Lalu pada bulan Mei 2012, Google meluncurkan Google Doodle pertama interaktif untuk merayakan ulang tahun ke-30 game arcade Pac-Man, bekerjasama dengan Namco. Para pencari bermain Pac-Man dalam browsernya dengan mengklik tombol 'Insert Coin'. Permainan mendapat virus dengan pengguna, sehingga Google membuat situs permanen setelah Doodle telah dihapus. Kemudian pada tahun yang sama, Google meluncurkan Google Doodle animasi pertamanya untuk menandai ulang tahun John Lennon ke-70 dengan klip pendek dari lagu 'Imagine'. Sebuah Doodle yang sama diluncurkan, menggunakan klip Queen dengan lagu 'Don’t Stop Me Now' lagu, serta pada saat ulang tahun ke-65 Freddie Mercury pada bulan September 2011. 
  3. Akuisisi Google. Google telah mengakuisisi rata-rata satu perusahaan setiap minggu sejak 2010. Pada tahun 2010, Google Energi melakukan investasi pertamanya dalam sebuah proyek energi terbarukan oleh NextEra Energy Resources. Pada tahun yang sama Google membeli Global Solutions IP, sebuah perusahaan yang berbasis di Norwegia yang menyediakan telekonferensi berbasis web dan layanan terkait lainnya. Dan pada Mei 2010, Google mengumumkan juga telah mengakuisisi jaringan iklan mobile AdMob. Kemudian mengakuisisi Android, Motorola Mobility, Quickoffice dan banyak lagi lainnya. 
  4. Larry Page dan Sergey Brin ingin menjual Google seharga 1 juta USD, Tapi hanya ditawar 750 ribu USD. Mereka pergi ke Excite CEO George Bell dan menawarkan Google sebesar 1 juta USD. Tapi dia menolak tawaran tersebut dan kemudian dikritik Vinod Khosla, salah satu kapitalis ventura Excite, setelah dinegosiasikan Brin dan Page turun menjadi 750 ribu USD. Pada tanggal 7 Juni 1999, mendapatkan dana sebesar 25 juta USD dengan investor besar termasuk perusahaan modal ventura Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequoia Capital. 
  5. Google Memiliki 150 Koki. Google mempekerjakan koki pertama kali bernama Charlie Ayers, pada bulan November 1999, ketika perusahaan hanya memiliki 40 karyawan. Pekerjaanya dipublikasikan secara luas di media, dan dalam sejarah perusahaan Google yang ditulis David Vise dalam satu babnya menyebutkan tentang “Charlie’s Place". Pada saat ia meninggalkan Google tahun 2006, Ayers dan timnya sebanyak lima chef dan 150 karyawannya melayani 4.000 porsi untuk makan siang dan makan malam setiap harinya di 10 kafe di seberang kampus kantor pusatnya di Mountain View, California. 
  6. IPO Google membuat banyak karyawannya menjadi jutawan. Sekitar 1.000 karyawan Google menjadi jutawan ketika perusahaan go public pada tahun 2004. Salah satu jutawan tersebut adalah tukang pijat Bonnie Brown, yang bekerja di perusahaan tersebut sebagai tukang pijat dengan gaji 450 USD seminggu. 
  7. Pusat data hijau Google. Di dalam Council Bluffs, pusat data Google memiliki ruang dengan ukuran lebih dari 115.000 kaki persegi. Ada lebih dari 9 pusat data yang dimiliki oleh Google. Pusat-pusat data tersebut digunakan untuk menjalankan layanan internet Google seperti Google Search, Google, Gmail, layanan awan dan lain-lain. Di pusat data Georgia, Google membangun sistem pendinginan evaporative, yang menggunakan kedua lubang udara dari luar dan air yang disemprotkan ke server. Proses pendinginan evaporative biasanya menggunakan "ratusan ribu galon air dalam sehari." Untuk mengatasi limbah air yang sedemikian besar, Google telah menggunakan sistem penyadapan air limbah untuk mendinginkan pusat data di Douglas County, Georgia. Ini pertama kalinya Google telah menggunakan air limbah daur ulang untuk pusat data di Amerika Serikat dengan sistem yang dibiayai oleh Google dan dimiliki oleh otoritas air setempat. 
  8. "Saya merasa beruntung". Google pertama kali ngetwit dengan kata-kata "I’m feeling lucky” atau “Saya merasa beruntung". Kini tulisan "I’m feeling lucky " menjadi tombol dibawah pencarian Google, untuk membawa pengguna langsung ke pencarian di halaman pertama, pendapatan iklan Google diperkirakan hilang sekitar 100 juta USD setiap tahunnya. 
  9. Gmail. Gmail dirilis pada tanggal 16 Desember 2005, dan sekarang tersedia di lebih dari 50 bahasa. Ide membuat Gmail pertama kali diungkapkan oleh Rajen Sheth selama wawancara dengan Google, dan kemudian dikembangkan oleh Paul Buchhe. Awalnya klien email yang tersedia hanya digunakan oleh karyawan internal Google. Google mengumumkan Gmail untuk umum pada tanggal 1 April 2004 dengan memperkenalkan "Gmail Paper", di mana pengguna bisa mengklik sebuah tombol dan Gmail akan mengirimkan sebuah kertas fotokopi email arsip yang didukung iklan gratis. 
  10. Google mendapatkan uang dari perusahaan saingannya. Google mendapat uang dari saingannya seperti Mozila. Perusahaan Mozila membayar 300 Juta USD pertahun untuk menjadikan mesin pencari sebagai default pada web browser Mozilla Firefox. Hal ini sama dengan Apple yang menggunakan Google maps, di mana Google mendapatkan uang untuk menempatkan iklan. Para saingan lainnya termasuk Yahoo dan Microsoft, juga tergantung pada layanan Google. 
  11. Slogan Google. Pernyataan misi sejak awal adalah "untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna", dengan slogan resmi adalah "Don't be evil" atau "Jangan jahat”. 
  12. Kekayaan Pendiri Google. Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang memiliki saham hanya 16 persen perusahaan dan memberikan kekayaan bersih gabungan sekitar 46 Milyar USD. Dan menempatkannya sebagai orang-orang terkaya di dunia. 
  13. Membaca CAPTCHA. Google menggunakan reCAPTCHA untuk mengajarkan komputer bagaimana membaca teks. Dengan 200.000 juta CAPTCHA yang dapat diselesaikan setiap harinya. Komputer Google belajar bagaimana mengidentifikasi kata-kata dipindai dari buku-buku bahkan jika mereka menyesatkan. 
  14. Data Google. Indeks pencarian Google lebih 100 juta gigabyte. Hal tersebut membuat Google dapat mengambil 100.000 terabyte personal drive yang mengandung jumlah data yang sama. 
  15. Lain-lain. Sergey Brin dan Larry Page tidak mengetahui tentang HTML. Untuk waktu yang lama Anda hanya bisa mencari dengan menekan tombol kembali bahkan tidak memiliki tombol kirim. Google mungkin satu-satunya perusahaan dengan tujuan eksplisit untuk mengurangi jumlah orang menghabiskan waktu di situs tersebut. 
LazadaID
15 Fakta Tentang Google Yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon