ads

23 Momen Penting Perjalanan Twitter

Senin, 16 September 2013

Anda mungkin salah satu pemilik akun twitter, tapi tahukah anda?. Kini satu miliar pesan atau twit yang dikirim pengguna twitter setiap 2 setengah hari. Tiga twit dilakukan oleh setiap pria, wanita dan anak. Twitter sudah mulai debutnya sejak tahun 2006 lalu atau tujuh tahun lebih. Tapi twitter sudah menjadi percakapan global di seluruh dunia ketika ada momen-momen seperti pemilu, pementasan musik, olahraga, dan lain sebagainya. 

Pekan depan Twitter akan mengajukan diri untuk menjadi perusahaan publik , yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Untuk mengetahui jejak rekam selama tujuh tahun lebih, kali ini akan diulas mengenai saat-saat penting dari sejarah singkat Twitter . Dari mulai twit pertama hingga pencapaian follower selebriti, kejatuhan para politikus dan lain sebagainya. Twitter saat ini telah digunakan lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia. 


Berikut 23 Momen Penting Perjalanan Twitter

Maret 2006 – twit pertama kali yang dilakukan oleh pendiri Twitter Jack Dorsey sebagai bagian dari sistem pesan internal Odeo , perusahaan podcasting dimana Dorsey , Biz Stone, dan Evan Williams bekerja pada saat itu . Twit pertama kalinya berbunyi " just setting up my twttr". 

Juli 2006 - Versi lengkap dari Twitter diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli , walaupun Twitter belum mengubahnya menjadi perusahaan sendiri sampai tahun depan . 

Maret 2007 - Meskipun belum mainstream , Twitter meledak popularitasnya ketika ada festival interaktif Southwest di Austin , Texas . Dalam sebuah langkah yang cerdas , perusahaan menempatkan layar besar di lorong-lorong konferensi yang menampilkan tweet langsung tentang event tersebut. Buzz cepat tumbuh , dan pada akhir minggu penggunaan harian Twitter telah tiga kali lipat. 

April 2008 – Kekuatan Twitter, seorang mahasiswa pascasarjana Amerika menggunakan layanan untuk mengingatkan teman-temannya bahwa ia telah ditangkap akibat protes anti pemerintah di Mahalla , Mesir . Setelah mendapat tekanan, akhirnya otoritas Mesir membebaskannya dari penjara keesokan harinya . 

Januari 2009 - Sebuah pesawat US Airways dengan 155 penumpang melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson setelah menabrak burung saat lepas landas. Seorang saksi mata nge-tweet sebuah foto lalu menyebarluaskan gambar dengan latar penumpang yang menunggu di sayap pesawat untuk diselamatkan, mengukuhkan status Twitter sebagai informasi real-time, alat pengumpul dan penyebar berita. 

April 2009 - Aktor Ashton Kutcher menjadi orang pertama pengguna Twitter dengan jumlah pengikut atau follower 1 juta. 

Juni 2009 - Setelah pemilihan umum yang diperselisihkan di Iran, ribuan orang turun ke jalan-jalan di Teheran sebagai protes . Pemerintah Iran menindak laporan media tentang protes tersebut, sehingga demonstran turun ke Twitter untuk mengeluarkan kata-katanya, kalimat inspirasinya adalah "Revolusi Twitter" 

Agustus 2009 - Justin Halpern terhibur dengan lelucon ayahnya sehingga ia menciptakan sebuah akun Twitter yang disebut "Sh*t My Dad Says" Dalam beberapa bulan ia diikuti oleh jutaan pengikut dan menuliskan dalam sebuah buku , yang akhirnya dibuatkan sitkom (situasi komedi) yang disiarkan CBS dengan judul "$#*! My Dad Says " yang dibintangi William Shatner . 

Januari 2010 - Astronot Timothy Creamer mengirimkan tweet live pertamanya dari ruang angkasa melalui akunnya @Astro_TJ . Dalam twitnya mengatakan " "Hello Twitterverse! We r now LIVE tweeting from the International Space Station — the 1st live tweet from Space! :) More soon, send your ?s." 

April 2010 - Perpustakaan Kongres mengumumkan rencana untuk mengarsip setiap tweet publik di Twitter. 

Januari 2011 - Twitter dan Facebook memainkan peran kunci dengan istilah "Arab Spring " perlawanan orang-orang di Tunisa , Mesir , Suriah , Libya dan negara-negara lain dengan menggunakan jaringan sosial untuk menyebarkan pesan satu sama lain dan mengatur protes atau demonstrasi. 

Maret 2011 - Dalam beberapa menit laporan berita tentang lepasnya seekor ular cobra Mesir dari kandang di Kebun Binatang Bronx, lewat banyolan akun twitter seorang anonim yang membayangkan ular tersebut dibebaskan di jalan di sekitar New York City . (Contoh twitnya : " Leaving Wall Street. These guys make my skin crawl atau Tinggalkan Wall Street -orang ini membuat saya merinding . . " ). Akun tersebut dengan cepat mengumpulkan lebih dari 100.000 pengikut atau follower. 

Mei 2011 - Sohaib Athar , seorang konsultan IT di Abbottabad , Pakistan , tanpa disadari live twit mengenai serangan Tentara Amerika yang menewaskan Osama bin Laden setelah melihat helikopter melayang di atas daerahnya . Dia kemudian ngetwit " Uh oh, sekarang saya orang yang liveblog serangan Osama tanpa diketahuinya". 

Juni 2011 - US Representatives Anthony Weiner mengundurkan diri dalam kehinaan setelah mengaku mengirimkan foto cabul dirinya kepada seorang wanita di Twitter. Weiner mungkin tidak pernah memahami hal ini di Twitter hingga akhirnya dia gagal mencalonkan diri menjadi Walikota New York atas kejadian ini. 

June 2012 - NASA mendaratkan Curiosity dengan aman di Mars dan mulai mengeksplorasi Planet Merah tersebut sambil ngetwit melalui akun Twitter @MarsCuriosity. Hingga saat ini akun twitter tesebut memiliki follower 1,4 juta pengikut. 

November 2012 - Presiden Obama mengakui sukses pemilihan presiden dengan gambar twitternya dia memeluk istrinya , Michelle, dan berkata "Empat tahun lagi". Twit tersebut kemudian menjadi retwit terbanyak hingga saat ini dengan hampir 800.000 retweets. 

November 2012 – Angkatan Bersenjata Israel melakukan live twit tentang serangan roket kepada pasukan Hamas di Gaza, termasuk foto seorang pemimpin Hamas yang telah dibunuhnya. Ini merupakan twit pertama tentang konflik militer yang dilakukan secara real time di media sosial . 

Desember 2012 - Paus Benediktus XVI memiliki akun Twitter dengan nama @Pontifex , ia menjadi Paus pertama yang mempunyai akun twitter. Penggantinya, Paus Francis, meneruskan akun paus sebelumnya, yang kini memiliki hampir 3 juta pengikut dengan menggunakan akun berbahasa Inggris, dan 3,7 juta follower untuk Twitter berbahasa Spanyol @Pontifex_es

Januari 2013 - pengguna Twitter di Jepang dan Korea mencapai rekor dengan 33.388 twit per detik dalam zona waktu mereka pada saat perayaan Tahun Baru tanggal 1 Januari. 

Januari 2013 - Justin Bieber mengalahkan bintang pop lainnya yakni Lady Gaga sebagai orang yang paling banyak followernya di Twitter . Bieber sekarang memiliki lebih dari 44 juta pengikut. 

Januari 2013 - Twitter meluncurkan Vine , sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengambil video selama 6 detik dan membagikannya di twitter. Sejak saat itu Vine berhasil memperoleh lebih dari 13 juta pengikut , yang mengisi feed pengikutnya dengan kreasi video yang menyenangkan. 

Februari 2013 - The Super Bowl (pertandingan final sepak bola Amerika yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL di Amerika Serikat) menjadi ajang live twit tertinggi di Amerika Serikat, ketika para penggunanya yang menonton pertandingan tersebut melepaskan beberapa kalimat terbaik dalam 140 karakter. Tapi tahun ini, puncaknya pada saat pertandingan yang diikuti pemadaman listrik selama 35 menit, yang membuat lebih dari 268.000twit per menit dan lebih dari 24 juta twit selama pertandingan. 

April 2013 - Hacker dari Tentara Elektronik Suriah mengambil alih akun twitter Associated Press dan ngetwit kata-kata "Breaking : Dua Ledakan di Gedung Putih dan Barack Obama terluka " Itu merupakan salah satu profil akun twitter yang dihack dan dan memiliki konsekuensi jauh. Indeks Dow Jones anjlok secara dramatis karena terkena hoax tersebut.

2 komentar for 23 Momen Penting Perjalanan Twitter:

  1. jika dicermati menarik juga perkembangan twitter ya. Bahkan twitter bisa mempengaruhi harga saham. Terima kasih postingannya

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam