ads

7 Mitos Terbesar Tentang Apple

Rabu, 25 September 2013

Merek Apple saat ini begitu dikagumi dan banyak mengilhami peralatan elektronik lainnya di dunia. Beberapa produknya merevolusi konsumen elektronik dunia seperti iPod, iPhone, iPad, dan Mac yang bergitu fenomenal. Pemimpin Apple saat itu yakni Steve Jobs, dianggap sebagai seseorang yang mengetahui tentang apa yang kita inginkan sebelum bisa memahami diri kita sendiri. 


Banyak orang yang mengkultuskan individu pendirinya, serta banyak pula mitos-mitos dibalik produk, dan kiat sukses Apple melakukan bisnisnya. Berikut ini 5 Mitos Terbesar Apple


  1. Apple menciptakan aplikasi. Banyak orang menghubungkan penemuan aplikasi dengan Apple. Namun Apple hanya mempopulerkan aplikasi. Aplikasi seperti Calendar, Ringtone editor dan permainan seperti Snake sudah ada sejak 1990-an. Mengikuti perkembangan teknologi baru transmisi data seperti GPRS dan EDGE, penyebaran aplikasi menjadi lebih sederhana. Nokia sangat cepat untuk memanfaatkan tren ini, seperti Microsoft dengan Pocket PC aslinya. Pada tahun 2002, Smartphone Palm Treo yang dirilis, dapat digunakan untuk browsing, akses email, sinkronisasi komputer, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga dan masih banyak lagi lainnya, semua itu sebelum adanya Apple App Store. 
  2. Apple menemukan tablet. Seperti aplikasi, Apple sebenarnya tidak menciptakan tablet, Apple hanya mempopulerkan perangkat. Sejarah tablet PC sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an dengan kedatangan konsep Dynabook, yang diciptakan oleh Alan Kay pada tahun 1968. Tablet ini ditargetkan untuk anak-anak, konsep Dynabook mengandung semua elemen dari antarmuka pengguna grafis pada awal tahun 1972. Tablet yang revolusioner ini akhirnya jatuh kepada Microsoft, yang meluncurkan serangkaian percobaan Tablet PC Microsoft pada awal tahun 2000 sayangnya tidak berhasil. Setelah 10 tahun berlalu baru Apple iPad diluncurkan. 
  3. Apel itu bersahabat. Apple dianggap sebagai perusahaan yang bersahabat, dengan tampilan yang dapat diterima secara global dan konsumen elektronik. Tapi tidak berbeda dengan perusahaan multinasional lainnya, perusahaan ini menggunakan rekening di luar negeri untuk menghindari membayar pajak, mengeksploitasi tenaga kerja murah di negara berkembang dan bahkan telah dituduh melakukan penetapan harga oleh Departemen Kehakiman AS. 
  4. iPhone selalu mengagumkan. Orang-orang berpikir bahwa iPhone pertama, yang diluncurkan pada tahun 2007, memimpin revolusi smartphone karena itu mengagumkan. Tapi sebenarnya hanya sedikit perbedaan dengan sebuah iPod Touch dengan fungsi untuk menelepon. Tidak ada konektivitas 3G, tidak bisa multitasking dan hardware low-end dan harga yang lumayan mahal. Smartphone ini memakai layar 3,5 inci dengan resolusi layar 320x480 piksel, dengan penyimpanan empat, delapan atau 16GB dan CPU 412MHz. Perangkat iPhone generasi pertama terjual sekitar enam juta unit di seluruh dunia, dan segera dilanjutkan oleh iPhone 3G pada bulan Juni 2008, yang bertujuan untuk memanfaatkan demam dan adopsi 3G di Inggris, Amerika Serikat dan Eropa. 
  5. Tim Cook tidak dapat menggantikan Steve Jobs. Tim Cook yang menggantikan CEO Apple legendaris Steve Jobs. Orang-orang berpikir bahwa Apple tidak dapat berfungsi tanpa Steve Jobs. Sebab Apple berada dalam fase pertumbuhan ketika ditinggal Steve Jobs. Tapi ternyata Tim Cook berhasil meyakinkan banyak orang dengan produk barunya seperti iPad 3, iPhone 5S, iOS 7 yang diterima dengan baik oleh masyarakat. Produk berikutnya seperti iPhone dengan layar yang lebih besar, Apple TV, iWatch membuat keingintahuan masyarakat semakin besar. Terlepas dari karisma dan pengaruh Steve Jobs, banyak orang yang tidak memahami bahwa yang merancang berbagai produk Apple hingga sukses besar adalah Jonathan Ive, seorang desainer yang bertanggung jawab atas produk Apple, seperti iMac asli, iPod dan iPhone 3G.
  6. Gaji Steve Jobs 1 dollar per tahun. Steve Jobs sangat menyukai Appel sehingga banyak yang beranggapan dia digaji hanya 1 USD setahun. Kalau gajinya segitu berarti Steve Jobs hanya akan mendapat kurang dari 10 USD selama dia bekerja di Apple dari tahun 1997 sampai 2011. Tapi bila Anda adalah salah satu pemilik perusahaan dan seorang miliarder, tidak semua gajinya diperlukan. Jobs memiliki 5,6 juta saham Apple dan ketika Tim Cook mengambil alih pada akhir 2011 ia dianugerahi satu juta saham senilai 376 Juta USD atau sekitar 4,3 trilyun. 
  7. Jailbreak di perangkat iPhone dan iPad adalah ilegal. Banyak orang beranggapan bahwa jika mereka jailbreak perangkat apple seperti iPhone atau iPad adalah ilegal karena dapat melanggar hukum dan hak cipta Apple. Namun menurut US Library of Congress, jailbreaking iPhone/iPad tidak melanggar hak cipta atau melanggar hukum, yang berarti membuka handset atau tablet adalah legal. 

1 komentar on 7 Mitos Terbesar Tentang Apple

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam