ads

9 Negara Dengan Jumlah Tentara Terbanyak di Dunia

Sabtu, 26 Oktober 2013

Setiap negara baik itu negara besar atau kecil pasti membutuhkan tentara untuk mengamankan wilayahnya. Personil militer dibutuhkan agar misi utama untuk mempertahankan keamanan nasional, ancaman agresi militer dari negara lain, serta untuk memelihara perdamaian di satu negara. 

Pengorbanan seorang warga negara baik pria maupun wanita untuk mengabdikan dirinya menjadi seorang tentara atau prajurit patut diacungi jempol, karena mereka harus mengikuti pendidikan dan latihan yang sangat keras bahkan nyawa taruhannya. Tiap negara tentu berbeda-beda cara perekrutan sehingga jumlah tentaranya berbeda-beda sesuai dengan luas wilayah, jumlah penduduk serta kemampuan negara untuk membayar gaji tentara atau negara mewajibkan setiap warga negara untuk menjadi militer. Beberapa negara memiliki jumlah prajurit yang sangat banyak dan bahkan terbesar di dunia. 


Berikut 9 Negara yang memiliki tentara terbanyak di dunia

  1. Republik Rakyat Cina. Negara ini memiliki tentara sebanyak 2.285.000 tentara aktif dan 800.000 tentara cadangan yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Rakyat. Ini adalah tentara terbesar di Dunia. Karena Cina memiliki lebih dari satu miliar penduduk. Pasukan militer seperti ini sangat diperlukan oleh sebab itu setiap pemuda yang ada di negara ini didesak untuk bergabung dengan Tentara Cina setelah mencapai usia 18 tahun dan siap untuk menjadi relawan jika dibutuhkan. Seperti kita ketahui Cina terlibat dalam banyak konflik dengan tetangganya karena masalah teritorial. 
  2. Amerika Serikat. Angkatan Bersenjata Amerika Serikat merupakan Angkatan Darat terbesar kedua di dunia dengan jumlah personil sebanyak 1.458.500 tentara. Angkatan bersenjata Amerika terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korps Marinir, Angkatan Udara, dan Coast Guard (Penjaga Pantai). Dengan bantuan dari Departemen Pertahanan Amerika, Presiden menjadi pemimpin dari seluruh militer dan semua kebijakan militer. Tentara adalah pelayan militer di Departemen Angkatan Darat, yang merupakan satu dari tiga Departemen militer yang ada di Departemen Pertahanan. 
  3. India. Angkatan Bersenjata India terdiri dari 1.325.000 staf pertahanan dan 960.000 personil cadangan. Pertahanan India terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan India Coast Guard (Penjaga Pantai) yang didukung oleh pasukan paramiliter bersama dengan beberapa lembaga inter-service seperti Komando Pasukan Strategis. Tentara India adalah berbasis cabang dan komponen terbesar dari Angkatan Bersenjata India. Presiden India merupakan Komandan kepala tentara. 
  4. Republik Demokratik Rakyat Korea. Angkatan Darat Republik Korea yang dikenal sebagai Tentara ROK, terdiri dari 1.106.000 personil. Angkatan Darat Republik Korea ini adalah tentara Korea Selatan dan bertanggung jawab atas semua konflik yang ada di negara tersebut. Tentara ini yang siap melawan Pasukan Amerika Serikat di sepanjang zona demiliterisasi. Tentara Korea merupakan cabang militer terbesar dari seluruh angkatan bersenjata Korea Selatan.Tentara ROK sebelumnya disusun menjadi 3 jenis tentara yakni Angkatan Darat Pertama (FROKA), Angkatan Darat Ketiga (TROKA) dan Komando Operasi Kedua. Masing-masing memiliki markas, korps, dan divisi masing-masing. 
  5. Federasi Rusia. Rusia memiliki tentara terbesar kelima di dunia dengan 1.040.000 personil. Angkatan Bersenjata Federasi Rusia didirikan setelah pembubaran Uni Soviet. Anggaran pertahanan militer tahunan sebesar 52,7 miliar pada tahun 2011. Rusia berencana akan menghabiskan dana lebih banyak untuk kekuatan militernya, dengan perkiraan anggaran naik 53 persen. 
  6. Republik Korea. Tentara Rakyat Korea atau yang dikenal di Korea Utara sebagai Gun Inmin, dia adalah pasukan militer gabungan dari Republik Demokrasi Rakyat Korea. Terdiri dari Angkatan, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Strategis Roket dan Angkatan Operasi Khusus dengan jumlah anggota 1.106.000. Selain itu ada tenaga kerja yang aktif sebagai cadangan sekitar 8.200.000 personil. Pasukan Korea Utara memiliki sumber kekuatan perang yang terdiri dari 5.400 tank, 2.580 kendaraan tempur lapis baja, 1.600 senjata otomatis, 3.500 artileri dan 1.600 roket. 
  7. Turki. Tentara Turki berasal dari Kekaisaran Ottoman dan memiliki personil sebanyak 664.060 tentara. Sebuah program modern besar yang digagas oleh negara untuk militernya setelah bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Kepala Staf Umum adalah Panglima Angkatan Bersenjata Turki. 
  8. Pakistan. Angkatan bersenjata Pakistan didirikan pada tahun 1947, sebagai hasil dari kemerdekaan setelah dijajah oleh Kerajaan Inggris. Mereka telah terlibat dua kali perang dengan negara tetangganya pada tahun 1947 dan tahun 1965. Mereka juga telah mengalami pertempuran gara-gara perbatasan dengan Afghanistan. Pasukan Bersenjata Pakistan memiliki 617.000 personil militer. Sejak militer India memutuskan hubungannya dengan pasukan Rusia, yang menjadi saingan China dan Amerika Serikat, kini sebagian besar senjata Pakistan diimpor dari kedua negara tersebut. Tentara Pakistan juga memiliki perjanjian dengan China untuk meneliti, mengembangkan dan meningkatkan sistem militernya. 
  9. Mesir. Negara ini memiliki tentara terkuat di Timur Tengah, bersaing dengan dominasi Israel. Negara ini juga salah satu kekuatan militer terbesar di Afrika, dan merupakan satu-satunya negara Arab yang memiliki satelit pengintai. Pertahanan Mesir memiliki tentara sebanyak 468.500. Tentara Mesir telah memberikan pelatihan dan bantuan ke berbagai negara-negara Afrika dan Arab. Angkatan Darat Mesir baru-baru ini mulai memodernisasi peralatannya dari Amerika, Inggris dan Perancis. 

4 komentar for 9 Negara Dengan Jumlah Tentara Terbanyak di Dunia:

  1. apaan sih gak konsisten artikelnya. mana yg Korut mana yg Korsel...silahkan cek poin 4 dan 6. padahal dua-duanya adl korut sendiri.

    BalasHapus
  2. jumlah personel TNI adalah sebanyak 476.000 personel lebih banyak dari Mesir..

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam