ads

Demografi Pengguna Sosial Media

Minggu, 20 Oktober 2013

Setiap platform media sosial memiliki pengguna yang unik, antar satu media sosial dengan yang lainnya ternyata berbeda-beda. Beberapa platform media sosial disukai oleh orang dewasa dan anak muda yang paling aktif di malam hari, ada pula sosial media yang diikuti oleh para profesional berpenghasilan tinggi, yang mengupdate sepanjang hari, bahkan ada beberapa media sosial yang digandrungi oleh kaum Hawa atau juga kaum Adam. 


Kini banyak brand (merek) atau perusahaan yang fokus dengan melakukan stategi bisnisnya melalui media sosial. Setiap platform media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan mempunyai segmentasi yang berbeda-beda. Sehingga setiap brand (merek) dan perusahaan akan memutuskan menggunakan media sosial yang sesuai dengan segmentasinya masing-masing. 


Berdasarkan data dari BI Intelligence, yang mengeluarkan laporannya tentang demografi media sosial secara rinci. Selain itu berdasarkan laporan tersebut juga menyoroti peluang yang terbentang luas untuk masing-masing jejaring sosial, bagaimana demografi tersebut mempengaruhi pola penggunanya, dan mengapa beberapa platform dianggap lebih baik untuk merek atau perusahaan tertentu. 

Berikut adalah beberapa temuan yang mengejutkan dari pengguna jejaring sosial : 
  1. Facebook : dikuasai oleh anak muda , tetapi kelompok umur 45 - 54 tahun telah mengalami pertumbuhan hingga 45 % sejak akhir tahun 2012. Di antara pengguna internet Amerika Serikat, 73 % pengguna facebook pendapatannya lebih besar dibandingkan dengan pengguna twitter. Pengguna facebook 86 % berada di luar Amerika Serikat. 
  2. Instagram : 68 % pengguna Instagram adalah kaum perempuan. 
  3. Twitter : memiliki populasi pengguna anak muda yang mengejutkan untuk jaringan sosial besar. 27 % dari kelompok umur 18 sampai 29 tahun di AS menggunakan Twitter, sedangkan untuk kelompok usia 30 – 40 tahunan hanya 16 % yang menggunakan twitter.
  4. LinkedIn : jejaring sosial internasional dan di dominasi oleh kaum laki-laki. 
  5. Google+ : jejaring sosial milik Google yang 70 % penggunanya adalah kaum laki-laki. 
  6. Pinterest didominasi oleh pengguna tablet, dan menurut data Nielsen, 84 % dari pengguna Pinterest adalah perempuan. 
  7. Tumblr : dikuasai oleh remaja dan dewasa muda yang tertarik untuk mengekspresikan diri, tetapi hanya 8 % dari pengguna internet dengan pendapatan tinggi yang menggunakan Tumblr . 
Nah bagi anda yang mengelola bisnis atau brand suatu perusahaan tinggal sesuaikan dengan segmentasi yang anda inginkan sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh BI Intelligence supaya tidak salah sasaran.

0 komentar:

Poskan Komentar test