ads

10 Fitur Gmail Yang Jarang Diketahui

Jumat, 15 November 2013

Sebagian besar dari pengguna internet menggunakan email dari Google yakni Gmail, layanan email ini sangat populer di seluruh dunia. Hal ini karena Gmail menawarkan fitur-fitur keren seperti email yang dapat dipisahkan menjadi Sosial, Promosi, dan Utama. Gmail memiliki antarmuka yang berorientasi pada pencarian dan tampilan percakapan mirip dengan sebuah forum internet. 

Pada tanggal 13 Mei 2013 lalu Google mengumumkan penggabungan penyimpanan gratis mereka di Gmail, Google Drive, & Foto Google yang memungkinkan penggunanya dapat menyimpan hingga 15GB secara gratis untuk digunakan di akun mereka. Dan kemudian muncul Google Hangouts di mana pengguna Gmail bisa melakukan video chat sampai 10 panggilan video. 

Semua fitur ini benar-benar menakjubkan dan pengguna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Sebenarnya Gmail memiliki beberapa fitur tersembunyi yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. 

Berikut 10 fitur gmail yang jarang diketahui

  1. Shortcuts Lanjutan. Gmail menawarkan kepada penggunanya untuk menyesuaikan cara pintas agar sesuai dengan selera mereka. Shortcuts (cara pintas) untuk membuka jendela baru untuk menulis pesan, untuk memindahkan percakapan ke Recycle Bin. Untuk mengaktifkan cara pintas tersebut, caranya ke Gear box di pojok kanan atas> Setting> Keyboard Shortcuts> Keyboard Shortcuts on > Save Change. 
  2. Tukar Akun. Jika Anda memiliki dua akun Gmail dan ingin membuka keduanya di browser yang sama pada waktu yang sama, kini Anda bisa melakukannya. Yang harus Anda lakukan adalah klik pada alamat email Anda di sudut kanan atas, dan pilih Tambah akun. Maka akan membawa Anda ke tab terpisah di mana Anda dapat login ke akun Google Anda yang lain. Jika Anda menggunakan Google Chrome anda akan mengingat dan menyimpannya sebagai opsi permanen untuk berganti email. Tetapi jika Anda menggunakan browser lain Anda harus menambahkan alamat email setiap kali berganti akun. 
  3. Cara pintas keyboard. Jika Anda ingin menavigasi melalui akun Gmail secara cepat, maka ada beberapa shortcut yang bisa membantu Anda. Jika Anda berada pada halaman Gmail silakan ikuti cara pintasnya: tekan Ctrl + Enter untuk mengirim pesan, tekan Ctrl +. Untuk berganti ke jendela berikutnya, tekan Ctrl + Shift + c berarti menambahkan Cc penerima, tekan Ctrl + Shift + b berarti menambahkan penerima. 
  4. To-do list. Gmail memiliki fungsi lain yakni sebagai to-do list kiper dimana sekedar penyedia layanan email. Yang harus Anda lakukan adalah klik pada Mail> Tasks dan task bar kecil akan muncul di bagian bawah. Hanya mengisi to-do list Anda bisa menangguhkan tanggal jatuh tempo jika Anda ingin Gmail anda digunakan untuk mengingatkan hal itu. 
  5. Alamat email banyak. Jika Anda ingin memiliki beberapa alamat email dari email ID asli Anda, dan ingin menerima email yang sama dalam semua ID, kini Gmail menawarkan pilihan ini. Semua yang Anda butuhkan untuk menghentikan alamat email tersebut. Sebagai contoh Google akan mengirimkan email yang sama untuk sammp@gmail.com dan sam.mp@gmail.com. Jika Anda ingin lebih dari yang Anda buat seperti s.ammp@gmail.com atau variasi lainnya. Fitur Gmail ini secara khusus berguna jika Anda ingin menggunakan beberapa email untuk mendaftar ke layanan web atau newsletter yang berbeda. 
  6. Backup pesan Anda. Jika Anda ingin membuat email cadangan lebih mudah, cara termudah adalah Anda dapat membuat akun Gmail Anda sehingga anda bisa mengirim email ke Inbox primer. Berikut caranya Setting> Forwarding dan POP / IMAP. Setelah itu Anda  hanya memilih “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi dengan alamat email Anda. 
  7. Gmail memperingatkan Anda pada lampiran. Sering kali kita lupa mengirimkan lampiran di email padahal ada lampiran yang harus dikirimkan. Untuk mengatasi permasalahan ini Google telah menyelamatkan Anda dari kejadian tersebut, dengan cara pencarian cerdas di Gmail untuk kata "lampiran" dalam surat, dan memperingatkan Anda setelah menekan tombol kirim jika Anda belum memasang file apapun. 
  8. Tanda bintang untuk email penting Anda. Ada banyak email yang masuk ke inbox, seringkali kita lelah untuk menemukan satu email yang penting. Ini seperti menemukan jarum di tumpukan jarum. Untuk menjawab masalah tersebut Gmail kini hadir dengan sistem "bintang" ketika ada email penting. Untuk melakukan ini, silakan ke Gear box> Setting> Stars. Anda dapat menambahkan bintang warna yang berbeda. 
  9. Menyimpan lampiran langsung ke Google Drive. Pengguna Gmail dapat melihat dan menyimpan lampiran langsung ke Google Drive tanpa harus meninggalkan surat yang sedang dibuka, Ini berarti Anda dapat menyimpan file langsung ke Google Drive tanpa men-downloadnya tetapi dengan hanya mengklik tombol melayang Drive atas preview lampiran di bagian bawah surat dibuka. Google juga mengatakan bahwa fitur terbaru ini akan bekerja untuk semua jenis file baik itu gambar, dokumen word, video, spreadsheet atau PDF. 
  10. Loading lebih cepat. Jika Anda berada di daerah yang koneksi internetnya lambat Gmail mungkin memakan waktu beberapa menit untuk memuat tampilan sepenuhnya. Tapi Anda dapat beralih ke versi dasar Gmail yang akan memuat lebih cepat dengan menambahkan ?ui=html untuk standar url Gmail.

3 komentar for 10 Fitur Gmail Yang Jarang Diketahui:

  1. Thanks atas infonya, moga2 bisa nambah pengetahuan pembaca tentang fitur gmail.

    BalasHapus
  2. info-Infonya Menarik semua disini,maju terus bloger indonesia.

    BalasHapus
  3. o iya,,knapa gak kita manfaatkan,,,,terimakasih..

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam