ads

Remaja Mulai Tinggalkan Facebook Dan Beralih Ke Whatsapp

Kamis, 14 November 2013

Demografi remaja yang dulunya aktif menggunakan Facebook kini telah beralih dan menggunakan aplikasi mobile messaging (perpesanan) seperti Whatsapp, WeChat, Line, Kako Talk dan BlackBerry Messenger demikian dilaporan oleh The Guardian.

Sebelumnya banyak remaja yang meninggalkan Facebook dan menghabiskan waktunya di Youtube, tapi yang terakhir sekali menunjukkan sebuah fenomena baru, remaja hanyut ke dalam aplikasi perpesanan. Whatsapp kini telah memiliki lebih dari 350 pengguna aktif bulanan. Walaupun jumlah pengguna Facebook sudah lebih dari 1 milyar pengguna, tetapi pengguna aktifnya semakin merosot tajam.


Menurut para remaja menganggap Facebook sudah 'tidak keren lagi'. Karena hanya bisa berkirim pesan teks dan gambar saja melalui perangkat seperti smartphone dan tablet. Alasan lainnya adalah masalah privasi yang terlalu terbuka. Pengguna lebih memilih teman yang mereka kenal dalam kehidupan nyata dibandingkan dengan orang yang belum dikenal dan aplikasi perpesanan dianggap lebih aman.

Menurut keuangan perusahaan Piper Jaffray, Facebook mengalami penurunan jumlah pengguna remaja dari 44 persen menjadi 23 persen pada tahun 2013. Platform media sosial adalah sumber bagi pengiklan untuk mempromosikan produknya dari fashion, teknologi dan gaya hidup. Pasar belanja konsumen muda kini telah mencapai lebih dari $ 200 miliar di Amerika Serikat saja belum di negara lain di seluruh dunia.

Persaingan dengan rival media sosial lain juga telah menempatkan Facebook di bawah tekanan, sehingga investor mulai tidak nyaman. Raksasa media sosial ini telah membuat modifikasi pada pekan lalu yang memungkinkan pengguna facebook bisa berbagi pada bermacam platform termasuk aplikasi perpesanan. Langkah ini merupakan pendekatan strategis untuk mengatasi daya tarik facebook yang mulai menurun.

9 komentar for Remaja Mulai Tinggalkan Facebook Dan Beralih Ke Whatsapp:

  1. wah betul banget tuh

    Whatapps lebih asik,
    cepat, dan semua pesan komentar langsung terbalas detik itu juga

    BalasHapus
  2. Sayangnya WhatsApp cuma gratis 1 tahun pertama, setelah itu harus bayar. Kalo ada yg gratis ngapain harus bayar? Coba yg lain aja Line, Kakao Talk, WeChat, Viber.

    BalasHapus
  3. Mungkin sudah bosen kali pake facebook, bosenan khan sifat alami manusia, terutama orang kita he..he..

    BalasHapus
  4. memang sangat mebosankan menggunakan facebook :)

    BalasHapus
  5. whatsup memang lebih enak dibandingkan dengan facebook :)

    BalasHapus
  6. Pada titik tertentu manusia akan mencapai kejenuhan, sehingga akan terus berupaya untuk mengatasi/menjawabnya, apakah dengan teknologi atau yang lainnya. Tapi apa yang terjadi jika jawaban itu belum ditemukan?

    BalasHapus
  7. Facebook tinggal Kenangan..Almarhumm...

    BalasHapus
  8. kehidupan selalu berputar, begitu pula dengan teknologi selalu bergerak maju

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam