Nov 14, 2013

Remaja Mulai Tinggalkan Facebook Dan Beralih Ke Whatsapp

Remaja Mulai Tinggalkan Facebook Dan Beralih Ke Whatsapp


Demografi remaja yang dulunya aktif menggunakan Facebook kini telah beralih dan menggunakan aplikasi mobile messaging (perpesanan) seperti Whatsapp, WeChat, Line, Kako Talk dan BlackBerry Messenger demikian dilaporan oleh The Guardian.

Sebelumnya banyak remaja yang meninggalkan Facebook dan menghabiskan waktunya di Youtube, tapi yang terakhir sekali menunjukkan sebuah fenomena baru, remaja hanyut ke dalam aplikasi perpesanan. Whatsapp kini telah memiliki lebih dari 350 pengguna aktif bulanan. Walaupun jumlah pengguna Facebook sudah lebih dari 1 milyar pengguna, tetapi pengguna aktifnya semakin merosot tajam.


Menurut para remaja menganggap Facebook sudah 'tidak keren lagi'. Karena hanya bisa berkirim pesan teks dan gambar saja melalui perangkat seperti smartphone dan tablet. Alasan lainnya adalah masalah privasi yang terlalu terbuka. Pengguna lebih memilih teman yang mereka kenal dalam kehidupan nyata dibandingkan dengan orang yang belum dikenal dan aplikasi perpesanan dianggap lebih aman.

Menurut keuangan perusahaan Piper Jaffray, Facebook mengalami penurunan jumlah pengguna remaja dari 44 persen menjadi 23 persen pada tahun 2013. Platform media sosial adalah sumber bagi pengiklan untuk mempromosikan produknya dari fashion, teknologi dan gaya hidup. Pasar belanja konsumen muda kini telah mencapai lebih dari $ 200 miliar di Amerika Serikat saja belum di negara lain di seluruh dunia.

Persaingan dengan rival media sosial lain juga telah menempatkan Facebook di bawah tekanan, sehingga investor mulai tidak nyaman. Raksasa media sosial ini telah membuat modifikasi pada pekan lalu yang memungkinkan pengguna facebook bisa berbagi pada bermacam platform termasuk aplikasi perpesanan. Langkah ini merupakan pendekatan strategis untuk mengatasi daya tarik facebook yang mulai menurun.

Remaja Mulai Tinggalkan Facebook Dan Beralih Ke Whatsapp
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon