ads

Bitcoin Alat Pembayaran Yang Sedang Populer Di Dunia Maya

Rabu, 11 Desember 2013

Pembayaran kini tidak melulu menggunakan uang cash atau menggunakan kartu kredit. Kini ada lagi pembayaran yang terbaru dengan nama Bitcoin. Bitcoin adalah pembayaran yang bisa digunakan universal di seluruh dunia tidak seperti uang konvensional yang secara hukum harus diatur peredarannya di wilayah tertentu. 


Bank Indonesia saat ini sedang mengkaji penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran untuk wilayah jurisdiksi Indonesia, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Difi A. Jihansyah menjelaskan pengkajian dilakukan untuk melihat seberapa efektif penggunaan Bitcoin di Indonesia terutama terhadap peredaran mata uang rupiah. 


Menurut Difi, Bank Indonesia berprinsip bahwa suatu mata uang harus memiliki backup jaminan dan dasar hukum untuk melindungi nasabah. Salah satu titik berat pengkajian BI tentang Bitcoin adalah soal penanggung jawab dan pengawasannya. Karena Bitcoin memiliki jika dibandingkan dengan alat pembayaran digital lainnya yakni transaksi Bitcoin tidak lagi membutuhkan identitas diri. Penjual dan pembeli hanya disyaratkan memiliki identitas "dompet digital" sehingga hal itu jauh lebih privat ketimbang menggunakan kartu kredit. 

Walaupun masih tergolong baru, pemanfaatan Bitcoin di Indonesia memang cukup terbatas. Artabit salah satu startup yang menawarkan Bitcoin sebagai media pembayaran untuk e-commerce, sementara situs Bitcoin Indonesia memberikan kemudahan bagi konsumen dalam negeri untuk membeli dan menjual Bitcoin. 

Berkaitan dengan fungsi Bitcoin sebagai alat pembayaran alternatif, Difi menyatakan sejauh ini Bank Indonesia baru menemukan dua merchant di luar Jawa yang sudah menawarkan penggunaan Bitcoin. Meskipun demikian, BI belum tahu berapa nilai transaksi Bitcoin di Indonesia. Sepertinya Bitcoin akan menjadi tren tersendiri sebagai alat pembayaran di dunia maya menggantikan penggunaan kartu kredit dan transfer. 

1 komentar on Bitcoin Alat Pembayaran Yang Sedang Populer Di Dunia Maya

  1. saya juga udah menulis tentang bitcoin

    coba dibaca juga ya disini :
    http://afrid-fransisco.blogspot.com/2013/12/8-fakta-mata-uang-digital-bitcoin.html

    salam saling berbagi "-"

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam