ads

Cara Mengamankan Windows Phone Dari Malware

Minggu, 01 Desember 2013

Sistem operasi besutan Microsoft yakni Windows Phone, kini telah menempati posisi ketiga di bawah sistem operasi iOS dan Android. Eksistensi produk berbasis Windows Phone didominasi oleh merek Nokia seri Lumia yang memang diakui telah mampu menggeser BlackBerry di pasar perangkat mobile yang saat ini sedang kolaps. 


Apalagi kini Nokia juga merilis beberapa produk seri Lumia yang menyasar segmen menengah ke bawah. Langkah tersebut jelas menjadi salah satu pemicu pesatnya pertumbuhan pengguna sistem operasi Windows Phone. Dengan semakin banyaknya pengguna Windows Phone, tak menutup kemungkinan jika sistem operasi milik Microsoft ini mulai diincar oleh para pelaku cybercrime seperti Android, Windows Phone juga memiliki kecenderungan untuk menjadi sasaran jutaan malware. 


Oleh karena itu untuk melindungi perangkat Windows dari malware berikut cara mengamankan windows phone dari malware

  1. Aktifkan Password. Mengaktifkan password atau kata sandi pada lock screen perangkat Anda adalah sebuah prosedur standar yang umumnya dilakukan oleh hampir seluruh pemilik perangkat pintar. Walapun masih ada kemungkinan adanya celah keamanan, setidaknya mengaktifkan password akan sedikit memberi rasa aman. Khususnya bagi Anda yang kerap menyimpan konten-konten privasi di dalam perangkat anda. Untuk mengaktifkan password lock screen di platform Windows Phone, berikut langkahnya Setting > Lock Screen > aktifkan password > masukkan kata sandi > kembali masukkan kata sandi yang sama > selesai. 
  2. Aktifkan fitur Kids Corner. Sistem operasi Windows Phone memiliki suatu fitur keamanan yang sangat menarik, yaitu Kids Corner. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk melindungi berbagai konten penting Anda di dalam perangkat kesalahan yang diakibatkan dari anak-anak. Seperti kita ketahui, anak kecil pastinya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Tidak jarang seorang anak membuka dan mengakses berbagai hal dari handset milik orangtuanya. Dengan mengaktifkan fitur Kids Corner, sang anak dipastikan tidak akan bisa mengakses konten-konten yang telah Anda lindungi di dalam perangkat. Untuk mengaktifkannya Anda hanya cukup mengakses Setting > Apps List > Kid's Corner > Continue > pilih item yang ingin diamankan > selesai. 
  3. Aktifkan layanan Find My Phone. Microsoft juga menyediakan layanan Find My Phone agar Anda dapat menemukan kembali ponsel pintar Anda yang hilang karena tertinggal atau dicuri. Dengan mengaktifkan fitur Find My Phone, Anda dapat mendeteksi posisi smartphone Anda saat ada yang mengambil atau lupa menaruh perangkat tersebut agar ditemukan kembali dengan mudah. Anda hanya perlu mengakses App List > Setting > Find My Phone. Perlu diingat sebelum melakukan pendeteksian handset yang hilang, Anda diharuskan memiliki akun Microsoft. Sebab, notifikasi akan dikirimkan lewat email Microsoft. 
  4. Update software. Sama dengan prosedur keamanan perangkat komputasi lainnya, Anda juga harus terus meg-update software apapun yang digunakan. Hal tersebut untuk meminimalisir serangan malware sampai dengan perbaikan bug yang ada. Cara melakukan update secara manual dengan cara mengakses Apps List > Setting > Check for Updates. Selain mengantisipasi malware dan bug, pembaruan software secara teratur juga akan membuat performa perangkat Anda menjadi lebih baik. 
Mudah-mudahan tips tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua 


0 komentar:

Poskan Komentar test