ads

Hati-hati Modus Penipuan Melalui Akun Media Sosial

Minggu, 08 Desember 2013

Kejadian ini baru saja saya alami hari ini, ketika sedang asyik online tiba-tiba seorang yang saya kenal betul di dunia perblogger karena sepak terjangnya selain blogger senior dan sering menjadi ketua atau komite di berbagai event blogger skala besar yakni Eyang Anjari Umarjianto, tiba-tiba dia mengirim pesan obrolan kepada saya melalui facebook. 


Dalam pesan obrolan tersebut dia mengatakan bahwa dirinya dalam keadaan darurat, ban mobilnya pecah di daerah Solo, mau nelpon pulsa saya kehabisan total lupa ngeceknya. bisa minta tolong isikan pulsa sebentar. Soalnya disini nggak ada counter yang buka dan mbangking saya sudah limit. Besok pagi saya ganti, bisa isikan sebentar, lalu saya pun menjawab oke mas nomernya kirimin aja. 


Tidak begitu lama dia mengirimkan nomernya 081370009872 yang 100 ribu kartu simPATI. Tapi saya ada keraguan dia langsung meminta pulsa 100 ribu. Karena saya sendiri jarang mengisi pulsa 100 ribu kalau tidak untuk paket internet. Selain itu untuk dalam kondisi darurat sebenarnya pulsa 10 ribu sudah cukup untuk menelepon beberapa menit atau sekedar mengirim SMS atau menggunakan mbanking. 

Kecurigaan saya semakin besar bahwa ini penipuan adalah ketika saya menghubungi nomor tersebut sebanyak dua kali, tetapi dia tidak mengangkatnya. Saya berpikir ini pasti penipuan baru di facebook. Lalu saya mengirim DM ke rekan twitter saya yang kenal betul dengan Eyang Anjari yakni mas Gandhi Prasetyo (@denkenthir) dan mba Mubarika Darmayanti (@MubaRika_D) ternyata akun facebook mas Anjari di hack oleh orang lain. 

Setelah mendapat keterangan melalui mas Gandhi dari Eyang Anjari, akhirnya saya mengurungkan niat untuk membantu teman yang sedang dalam kesusahan, karena si pemilik akun tersebut sebenarnya tidak merasa meminta pulsa sebanyak itu apalagi mentransfer sejumlah uang. 

Dari pengalaman ini anda harus berhati-hati. Berbagai penipuan sekarang sangat marak, modusnya tidak hanya melalui SMS saja tetapi sudah menggunakan jejaring sosial facebook atau twitter. Untuk itu ada beberapa hal agar kita terhindari dari penipuan melalui jejaring sosial. Berikut cara menghindari penipuan melalui akun sosial media

Pertama. Jika ada rekan atau keluarga anda yang meminta pulsa sebaiknya cek dulu apakah betul itu nomornya atau bukan. Jika bukan abaikan saja pesan tersebut. 

Kedua. Telepon nomor yang bersangkutan jika anda tidak hapal. Apabila orang tersebut berbicara kenali suaranya apakah dia adalah rekan atau keluarga anda atau bukan. 

Ketiga. Laporkan nomor ponsel penipu tersebut dengan cara sebagai berikut : 
Untuk Operator Telkomsel 
Format SMS: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166 

Untuk Operator XL 
Format SMS: Lapor#Nomor penipu#kasus yang di keluhkan dan kirim ke 588 

Untuk Operator INDOSAT 
Format SMS: SMS(spasi)Nomor penipu(spasi)isi SMS penipuan dan kirim ke 726 

Keempat. Gantilah password media sosial anda secara berkala agar tidak mudah dihack oleh orang lain. Gunakan perpaduan huruf dan angka agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. 

Mudah-mudahan dengan tips ini anda akan terhindar dari para penipu yang tidak kehabisan akal untuk mencari celah atau kekurangan dari akun sosial media dan kelemhan kita sebagai penggunanya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. 

5 komentar for Hati-hati Modus Penipuan Melalui Akun Media Sosial:

  1. wah hati-hati nih buat para anak penyuka facebook. seharusnya ini bisa menjadi pelajaran buat pengguna facebook.

    BalasHapus
  2. wah orang jaman sekarang bener2 pada nekad , dan pada pinter bikin modus

    BalasHapus
  3. Wah bahay juga ya... http://pratamasite.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. hehehe saya ya pernah hampir ketipu ...tapi saya curiga dan saya tanya hal2 yang pribadi yang hanya teman-teman tahu ..dan ternyata memang benar ada hacker yang menghack accc fb temen saya..malah sempat chat ama hackernya dan ancaam FB saya akan dihack....hehheee..hebat benar itu hacker

    BalasHapus
  5. kunjungi blog ini gan untuk mengetahui identitas penipu media sosial yang berhasil saya lacak, moga bermanfaat dan kita tidak menjadi korbannya.

    http://sandinaora.blogspot.com/

    trims

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam