ads

Jajaran Paten Teknologi Teraneh 2013

Sabtu, 28 Desember 2013

Kalau bicara hak paten, tentu yang terbayang oleh kita adalah produk-produk agar tidak ditiru oleh orang atau produsen lain. Memang benar seperti itu, sejumlah paten dibuat biasanya pasti menarik dan belum banyak digunakan atau bahkan sama sekali baru.

Tapi pada tahun 2013 ini ada beberapa paten teknologi yang unik dan bahkan bisa dibilang aneh. Banyak teknologi wearable atau perangkat yang bisa dipakai seperti kacamata pintar dari Google, jam tangan pintar dari Samsung dan lain sebagainya. Dari sekian banyak teknologi ada beberapa produk yang sudah mendaftarkan hak patennya yang bisa dibilang "teraneh" karena teknologinya lain dari yang biasanya.


Berikut Jajaran Paten Teknologi Teraneh 2013 :

  1. Tato Elektronik. Produk teknologi dari Motorola ini dinamakan Coupling An Electronic Skin Tattoo To A Mobile Communication Device, yakni sebuah tato elektronik. Paten ini dikabulkan oleh lembaga paten Amerika Serikat (AS), US Patent and Trademark Office. Ide dasar dari paten ini adalah menghiasi leher si pengguna dengan tato elektronik yang memiliki transceiver, microphone dan power supply. Tato ini bisa menyampaikan suara si pengguna ke smartphone. Cara kerjanya sederhana, suara akan ditangkap oleh microphone dengan menangkap suara yang baru keluar dari tenggorokan. 
  2. Smart Bra (Kutang Pintar). Jika bra biasa hanya digunakan sebagai penyangga payudara, smart bra ini mempunyai fungsi lain dengan sentuhan teknologi dibenamkan di dalamnya. Para peneliti di Microsoft yang mengembangkan prototype wearable gadget ini. Pada smart bra ini dibenamkan sensor psikologis. Sensor ini nantinya mendeteksi aktvitas jantung dan kondisi emosional si wanita pemakainya. Dimaksudkan untuk mengontrol diet, bra akan mengirimkan peringatan ke smarthone si pemakai untuk tidak makan berlebihan. 
  3. SmartWig (Rambut Palsu Canggih). Rambut palsu canggih ini dibuat oleh Sony dengan nama SmartWig. SmartWig ini seperti wig pada umumnya namun ditanam dengan teknologi yang memungkinkan untuk mengumpulkan dan mengolah data serta antarmuka dengan perangkat lain. Walau terkesan nyeleneh, namun Sony mempunyai alasan mengapa perusahaannya menyematkan teknologi pintar di rambut palsu. Penggunaan wig memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perangkat komputasi lainnya, termasuk membuat pengguna menjadi semakin nyaman. Wig ini akan menjadi alat potensial untuk industri seperti game atau bahkan kesehatan. 
  4. Smart Shoes atau Sepatu Pintar. Sepatu pintar ini dibuat oleh Apple dan tengah mengajukan paten untuk teknologi alas kaki. Dengan paten ini nantinya, Apple akan memproduksi alas kaki yang bisa menganalisa segala aktivitas perjalanan kita dengan teknologi sensor yang dibenamkan di dalam sepatu. Selain dibenamkan juga terintegrasi dengan perangkat Apple lainnya. Sepatu pintar ini diproyeksi akan jadi bagian dari gaya hidup digital di masa depan. Sepatu ini memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi kaki dan akan memberikan dukungan untuk mengurangi risiko cedera kaki. Seperti dalam aktivitas berat, berolahraga, bermain sepakbola, dan aktivitas lainnya. Bila ada masalah dengan kaki kita, maka sensor yang ada di dalam sepatu itu akan memberikan peringatan melalui perangkat iOS. 
  5. Keyboard Laser Virtual. Kembali Google membuat teknologi canggih bernama keyboard virtual laser. keyboard ini tidak tampil pada layar seperti pada sebuah ponsel layar sentuh, melainkan virtual keyboard yang diproyeksikan melalui sebuah laser yang tersemat pada Google Glass. Paten yang terdaftar dengan nomor 20130016070 dengan deksripsi 'Methods and Systems for a Virtual Input Device' yang mampu memproyeksikan sebuah tombol virtual yang tertampil pada telapak tangan pengguna Google Glass. 

Sumber

4 komentar for Jajaran Paten Teknologi Teraneh 2013 :

  1. Emang bener-bener aneh teknologinya, Tapi kayaknya hanya sekedar prototipe ya?

    agan admin blog,
    Ada lomba / Kontes Blog Berhadiah total 100 juta ni
    cek info di: http://bit.ly/1ehryq1

    BalasHapus
  2. teknologi teraneh memang di 2013 yang lalu sampai ada gtuan juga yah

    BalasHapus
  3. semakin aneh ja dunis ini,,tp keren banget,,,

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam