ads

Smartphone Ubuntu Touch Akan Hadir 2014

Kamis, 12 Desember 2013

Persaingan sistem operasi akan bertambah dengan hadirnya Sistem operasi Ubuntu Touch yang dirancang oleh Canonical akan hadir di sejumlah smartphone. Sayangnya, Canonical tidak menyebutkan secara terbuka produsen smartphone apa saja yang terlibat dalam proyek ini. Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth telah membuat kesepakatan dengan para pembuat smartphone kelas high-end untuk segera menempatkan Ubuntu Touch paling lambat tahun depan. 


Canonical berjanji akan segera menghadirkan perangkat pintar yang mampu menjalankan versi standalone dari Ubuntu. Dia menambahkan, perusahaannya saat ini sedang dalam tahap diskusi mendalam agar lebih matang untuk segera menghadirkan perangkat tersebut. Setidaknya, ada empat produsen telepon yang telah dirangkul Shuttleworth dan semua akan menempatkan Ubuntu Touch ke dalam perangkat buatannya. Canonical juga memiliki kesepakatan dengan operator seluler seperti Vodafone, Verizon, Deutsche Telecom, T-Mobile, 3, EE, KT, SK Telecom dan PT. 


Canonical merupakan salah satu dari beberapa perusahaan teknologi yang berupaya untuk meramaikan pasar sistem operasi mobile. Seperti diketahui bersama, Android yang dikembangkan Google dan iOS rancangan Apple secara kolektif telah menjalankan banyak perangkat yang digunakan oleh mayoritas pengguna smartphone. 

Sementara, Microsoft dan BlackBerry terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan mereka dengan mengoptimalkan sistem operasi buatannya dan juga meningkatkan kemampuan smartphone yang dihasilkannya. Samsung juga terus mengoptimalkan sistem operasi Linux besutannya yang dikenal dengan nama Tizen. Belum lama ini, Mozilla juga ikut bermain dengan menghadirkan Firefox OS. 

Apakah Canonical akan sukses dengan Ubuntu Touch yang dikembangkannya? Tentunya, kita harus menunggu kehadiran sistem operasi tersebut bersama perangkat pintarnya yang masih dirahasiakan. Sebagai informasi, kabarnya Smartfren dari Indonesia juga terlibat dalam proyek pengembangan Ubuntu dan kemungkinan akan meluncurkan smartphone Ubuntu Touch. 

0 komentar:

Poskan Komentar test