Dec 9, 2013

Tips Membuat Password Yang Kuat

Tips Membuat Password Yang Kuat


Password atau sandi digunakan untuk menjaga akun online Anda, baik di media sosial atau akun perbankan pribadi, dan aman dari serangan yang tidak diinginkan. Namun, banyak orang yang mengambil password dengan mudah. Trustwave, sebuah perusahaan cybersecurity (keamanan dunia maya) mengatakan lebih dari 2 juta akun dari Facebook, Google, dan Twitter telah diambil. Sebagian besar akun tersebut menggunakan password yang populer seperti "123456", "123456789", "1234", dan bahkan kata "password". 


Jika Anda telah menggunakan salah satu password ini, atau password lain yang terlalu mudah ditebak, sebaiknya Anda memperbarui keamanan online Anda. Brett Molina dari USA Today memberikan beberapa saran tentang cara membuat password yang kuat. 


Berikut cara membuat password yang kuat

  1. Gunakan campuran huruf kapital dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang kuat. Misalnya "coconut" menggunakan "c0c0nut" dengan angka nol menggantikan huruf o. 
  2. Buat password yang panjang. kebanyakan situs menetapkan jumlah minimum karakter dalam membuat password, berkisar antara 6 dan 8 karakter. Untuk membuat password yang kuat sebaiknya anda membuat password yang panjangnya antara 10 sampai 15 karakter. Tujuannya agar orang lain sulit untuk menebaknya. 
  3. Buat password dari frase bukan kata. Kata sandi tidak melulu hanya satu kata, Anda dapat membuat password berdasarkan frase dan memberikan kata acak dari aturan no.1. Misalnya kata “Indonesia Bisa” tapi disambung semua. 
  4. Gunakan lebih dari satu password. Gunakan beberapa password untuk situs yang berbeda, jangan gunakan password yang sama untuk berbagai situs. Memang mudah untuk mengingatnya tetapi sangat beresiko. Memang memiliki banyak password membingungkan, anda bisa menulis semua password dan menyimpannya di tempat yang aman. 
Semoga tips ini bermanfaat. 

Tips Membuat Password Yang Kuat
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon