ads

Korea Selatan Akan Luncurkan Jaringan 5G

Sabtu, 25 Januari 2014

Di Indonesia jaringan 4G baru saja digelar, sementara di negara lain layanan 4G sudah berjalan beberapa tahun bahkan di Korea Selatan sudah melangkah lebih dulu ke jaringan 5G. Dengan jaringan 5G, kecepatan datanya 10 kali lebih cepat dari 4G LTE. Secara teoritis kecepatan 5G mencapai 10Gbps, tapi saat ini Samsung baru berhasil mencapai kecepatan 1Gbps ketika menguji coba teknologi terbaru tersebut. 


Menurut Kementerian sains Korea Selatan, sebanyak 1,5 miliar USD telah diinvestasikan untuk uji coba jaringan 5G tersebut dengan harapan pengguna akan bisa mendownload satu film penuh hanya dalam hitungan detik. Korea Selatan akan memulai peluncuran awal jaringan 5G pada tahun 2017, dan akan diluncurkan secara penuh pada tahun 2020. Rencana ambisius ini jelas akan memerlukan dana yang besar. 


"Kami telah membantu pertumbuhan nasional dengan layanan 2G di tahun 1990-an, 3G di tahun 2000-an dan 4G sekitar tahun 2010. Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan awal untuk mengembangkan 5G" Demikian diungkapkan oleh kementerian Sains. Negara-negara di Eropa, Cina dan Amerika Serikat sedang berupaya dengan agresif untuk mengembangkan teknologi 5G ... dan kami percaya akan ada persaingan yang sengit di pasar ini dalam beberapa tahun ke depan.

Operator dan pembuat handset di Korea Selatan, termasuk SK Telecom dan Korea Telecom, LG dan Samsung, diharapkan bisa bekerja sama dan ikut ambil bagian dalam investasi tersebut. Tentu saja, dengan jaringan 5G bisa mengunduh film 800-megabyte hanya dalam satu detik dan menjadi sesuatu yang mengesankan bila dibandingkan dengan jaringan 4G yang bisa mendownload dalam waktu 40 detik. Mudah-mudahan jaringan 5G akan segera terwujud dan akses internet dimana pun di dunia akan lebih cepat lagi termasuk di Indonesia. 

0 komentar:

Poskan Komentar test