ads

Penjualan Smartphone Tahun 2013 Melampaui 1 Miliar Unit

Rabu, 29 Januari 2014

Anda mungkin pernah bertanya dengan teman atau orang lain, berapa jumlah smartphone yang telah terjual dalam setahun?. Karena hampir tiap minggu keluar produk terbaru dari berbagai vendor baik lokal maupun dunia. Menurut IDC jumlah smartphone yang terjual selam tahun 2013 diperkirakan lebih dari satu miliar unit. Sedangkan menurut Strategy Analytics jumlahnya berbeda, selama tahun 2013 telah terjual ponsel sebanyak 990 juta unit. 


Walaupun ada perbedaan jumlah ponsel yang terjual pada tahun 2013 antara IDC dan Strategy Analytics, tetapi terjadi peningkatan penjualan bila dibandingkan dengan data 2012 yang lalu. Samsung memimpin dalam jumlah smartphone yang terjual dengan menguasai sebanyak 31,3 persen dari pasar, sementara Apple turun menjadi 15,3 persen karena digerogoti oleh produk dari Samsung dan produsen Cina (Huawei dan Lenovo). 


Sedangkan yang terjadi pada kuartal keempat, kelompok analis mengatakan bahwa Samsung merajai penjualan smartphone dunia dengan hampir menguasai 29 persen pangsa pasar. Produk dari Apple hanya menguasai pangsa pasar 18 persen. Huawei, LG dan Lenovo adalah pemenang sebenarnya karena masing-masing vendor ini mengalami lonjakan penjualan yang sangat berarti dibandingkan dengan tahun lalu. 

IDC mengatakan munculnya smartphone dengan harga yang sangat murah, mempengaruhi penjualan smartphone dunia, yang dengan cepat mengambil alih pasar berkembang seperti China dan India. Perusahaan yang fokus pada handset yang lebih mahal, seperti Apple dan Samsung kini memiliki kehilangan pasarnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar test