Jan 26, 2014

Smartphone Masa Depan Menggunakan Baterai Bertenaga Gula

Smartphone Masa Depan Menggunakan Baterai Bertenaga Gula


Di zaman modern ini hampir semua orang membawa handphone kemana pun mereka pergi. Bahkan satu orang bisa membawa perangkat lebih dari satu. Banyak diantara mereka melakukan aktivitas melalui smartphone yang dibawanya saat jauh dari komputer atau laptop. Tapi permasalahan baterai selalu menghantui pengguna telepon genggam. 


Saat ini banyak vendor yang sudah mulai menggunakan baterai dengan kapasitas besar,  mereka juga mengurangi aplikasi yang menguras baterai, dan menggunakan layar smartphone yang hemat baterai. Baterai smartphone rata-rata hanya mampu bertahan 1 sampai 2 hari saja. Sehingga mereka harus membawa baterai cadangan atau menggunakan powerbank. 


Melihat kondisi ini, sebuah tim peneliti Virginia Tech baru-baru ini meluncurkan sebuah baterai bertenaga gula yang diharapkan bisa menggantikan baterai konvensional di smartphone dan tablet. Baterai khusus ini akan menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan listrik dari molekul yang dapat ditemukan pada gula. Tetapi ini masih prototipe, percobaan awal ini telah berhasil menghasilkan kepadatan energi yang lebih tinggi, dan membutuhkan pengisian bahan bakar jauh lebih sedikit dibandingkan dengan model lainnya. Penelitian ini diharapkan segera menjadi kenyataan. 

Smartphone Masa Depan Menggunakan Baterai Bertenaga Gula
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon