ads

Tips Membangun Relasi Yang Baik

Senin, 06 Januari 2014

Bagi seorang yang bergelut dalam dunia bisnis, relasi sangat dibutuhkan. Karena dari relasi ini pundi-pundi pendapatan seseorang atau perusahaan akan bertambah. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga hubungan baik dengan relasi agar tidak terjadi konflik, sehingga menyebabkan kerugian bagi kedua belah pihak. 


Kepercayaan dan kejujuran sangat dibutuhkan dalam membangun dan menjalani hubungan dengan relasi. Agar bisnis kita bisa berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Nah bagi anda yang ingin melakukan bisnis tidak ada salahnya untuk mengetahui cara membangun relasi. 


Berikut tips membangun relasi yang baik

  1. Tersenyumlah. Senyum adalah bahasa tubuh universal yang menyiratkan keramahan. Artinya dimana pun Anda berada, ketika tersenyum pada seseorang hal itu pasti diartikan sebagai sebuah sikap ramah. 
  2. Berusahalah untuk hadir. Anda sedang berbicara dengan seseorang di satu tempat, tapi sebenarnya Anda tidak hadir di sana. 
  3. Lakukan Kontak Mata. Dalam berkomunikasi, kontak mata sangatlah penting. Anda perlu menatap lawan bicara Anda, tapi jangan ada kesan melototinya. 
  4. Hafalkan dan sebut nama lawan bicara Anda. Orang akan sangat merasa dihargai ketika namanya dihafat dan sering diucapkan dalam sebuah percakapan. 
  5. Sedikit bicara banyak mendengar. Orang sering salah kaprah bahwa esensi dari komunikasi itu adalah berbicara. Padahal sebenarnya adalah mendengarkan. 
  6. Berusaha memahami. Salah satu kebiasaan orang sukses adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu, baru minta untuk dipahami. 
  7. Pelanggan dan rekan. Dalam bisnis membangun relasi dengan pelanggan dan rekan adalah salah satu modal usaha yang penting agar usaha kita makin maju.
  8. Kenyamanan dalam hubungan relasi. Kenyamanan harus menjadi menu utama dan pertama saat membangun relasi dengan relasi. 
  9. Pemahaman karakter relasi. Kenyamanan itu bisa berupa pemahaman terhadap relasi termasuk karakter, kesukaan & kebiasaannya. Memahami karakter relasi seperti mengerti gaya ia berkomunikasi & bertransaksi. 
  10. Menjaga rahasia relasi. Relasi juga akan sangat suka bila kita bisa menjaga rahasia dengan tidak menceritakan kepada relasi yang lain. 
  11. Saling bantu. Bantulah relasi anda dengan tulus karena ia akan semakin setia bekerja sama dengan anda. Bantulah mereka kapan saja sepanjang masih memungkinkan. Jika tidak, katakan sejujurnya.
  12. Jangan bicara urusan pribadi. Jangan membicarakan urusan pribadi dengan relasi anda jika bukan mereka yang memulainya. 
  13. Beri saran positif. Jangan memberikan saran yang sesat dan menyesatkan relasi anda agar ia tidak menganggap anda orang yang kurang bai, berilah saran yang positif. 
  14. Serius dan jujur. Membangun relasi sama juga membangun kesuksesan untuk masa depan, maka lakukanlah dengan serius dan jujur. 
Mudah-mudahan tips tadi bisa bermanfaat bagi kita semua yang akan membangun bisnis atau usaha. Semoga sukses. Dikutip dari akun twitter @MicrosoftUKM dan Axltwentynine 

4 komentar for Tips Membangun Relasi Yang Baik :

  1. izin copas bos, Trims

    BalasHapus
  2. great article,,i like your site very much,,

    BalasHapus
  3. mantap ne postingannya ne,,artikelnya bagus,,thanks

    BalasHapus
  4. saya sangat menyukai postingan anda makasih.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam