ads

6 Langkah Berinternet Di Tengah Keluarga

Senin, 17 Februari 2014

Melakukan aktivitas di dunia maya memang menyenangkan, bahkan terkadang sampai lupa waktu. Begitu juga yang dialami oleh anak-anak kita ketika mereka mengakses internet di dalam atau di luar rumah. Peran serta orang tua sangat penting untuk memberikan pemahaman akan manfaat dan risiko menggunakan akses internet. 


Sebagai orang tua jangan senang dulu ketika melihat anak anda sudah bisa mengoperasikan komputer atau laptop, kemudian mereka sibuk main facebook atau game kesukaannya, karena bahaya besar selalu mengintai anak-anak kita saat mereka mengakses internet. Oleh karena itu sebagai orang tua harus tahu langkah-langkahnya agar anak kita bisa memanfaatkan internet untuk hal yang positif. 


Berikut 6 Langkah Berinternet Di Tengah Keluarga

  1. Jika anak anda yang di bawah umur mengakses internet seharusnya orang tua mendampingi ketika anak di bawah umur tersebut sedang online. Berikan jadwal dan batasan agar ia bisa aman menggunakan akses internet tersebut. 
  2. Pelajari sejauh mana internet penting bagi semua anggota keluarga, dengan cara mendiskusikan manfaat dan risiko internet dalam keluarga. Orang tua harus menekankan pada manfaat dari internet seperti manfaat internet untuk pendidikan. 
  3. Berikan pemahaman kepada anggota keluarga untuk tidak menanggapi email/private chat dari orang yang tidak dikenal termasuk tidak membuka attachment. Karena ada beberapa attachment yang sebenarnya berisi virus atau malware yang bisa merusak komputer atau laptop anda. 
  4. Tegaskan kepada anggota keluarga untuk tidak memberikan data-data pribadi ke siapapun yang tidak dikenal. Data tersebut antara lain alamat rumah, nomor telepon, apalagi nomor rekening dan PIN bank orang tuanya. 
  5. Anjurkan anak di bawah umur untuk selalu cerita apa yang ditemui ketika online. Ajak mereka untuk meninggalkan situs yang tidak sesuai dengan usianya dan sarankan situs-situs yang bermanfaat sesuai dengan umurnya. 
  6. Tegaskan kepada anggota keluarga untuk tidak sembarang bertemu dengan orang yang baru dikenal di internet/media sosial. Tanamkan rasa kehati-hatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Dikutip dari akun twitter @internetsehat


0 komentar:

Poskan Komentar test