ads

Kejahatan Cyber Yang Perlu Diwaspadai di Tahun 2014

Minggu, 02 Maret 2014

Hidup di zaman yang serba modern dan canggih seperti sekarang ini, sulit rasanya untuk tidak menggunakan fasilitas publik seperti menggunakan akses wi-fi, service provider, dan melakukan aktivitas donwload dari dunia maya, yang semuanya rentan terhadap kejahatan cyber. 


Banyak hacker jahat yang memanfaatkan kelemahan sistem di perangkat, jaringan atau kebiasaan penggunanya yang kurang hati-hati. Serangan Cyber pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai kerugian bagi penggunanya, dari mulai tidak mengakses perangkat, hang, eror, hilangnya data hingga pencurian uang. Ancaman Cyber yang perlu diwaspadi tahun 2014 dianalisis oleh laporan dari Kaspersky. 


Berikut kejahatan cyber yang perlu diwaspadai tahun 2014

  1. Malware. Malware adalah kependekan dari istilah malicious software, yang artinya perangkat lunak yang mencurigakan. Perangkat lunak atau program komputer yang diciptakan oleh seseorang ini digunakan untuk maksud dan tujuan tertentu untuk mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya. 
  2. Mata-mata di Perangkat Anda. Gadget dan komputer yang digunakan oleh kita tidak selamanya bebas dari spionase atau mata-mata. Perangkat yang menggunakan sistem operasi sekaliber android dan Windows pun ternyata tidak terlepas dari spionase terutama badan-badan intelijen besar untuk maksud-maksud tertentu yang digunakan untuk kepentingannya. 
  3. Pencurian Password. Baru-baru ini banyak pengguna Facebook yang gagal masuk ke facebook karena username dan passwordnya ada yang mengganti. Ini bisa dikarena kecerobohan penggunanya yang lupa keluar saat menggunakan perangkat umum seperti di warnet, hilang perangkat kemudian diubah passwordnya atau memang hacker menggunakan lupa password untuk mengubahnya. 
  4. Pencurian Uang. Pada tahun 2014, Anda perlu menyadari bahwa penjahat cyber siap menggasak uang milik anda yang biasa menggunakan mobile banking, dan internet banking. Para penjahat Cyber biasanya menggunakan jaringan komputer pribadi yang bisa masuk ke dalam sistem komputer atau gadget yang digunakan oleh pengguna dan mengendalikan perangkat tersebut sehingga penjahat bisa memindahkan dana di rekeningnya dan beralih ke penjahat cyber tersebut. 
  5. Pencurian Data Melalui Penyedia Layanan. Service provider atau penyedia layanan internet termasuk operator seluler ternyata masih rentan disadap oleh badan inteligen dunia. Ini karena kecanggihan teknologi dari luar negeri sementara penyedia layanan belum siap mengantisipasinya. Sehingga data percakapan, SMS, email dan lain sebagainya bisa diketahui oleh orang lain. 
  6. Ancaman Administrasi. Kemajuan teknologi seperti Software Defined Network dan virtualisasi jaringan masih wilayah baru dan kesalahan konfigurasi kecil seperti port terbuka adalah masalah keamanan yang serig terjadi. Sebagai contoh dukungan untuk Java 6 dan Windows XP yang telah dihentikan, walaupun Windows XP sudah usang tetapi statistiknya berbeda sekitar 20 persennya masih menggunakan Windows XP2 yang menjadi sasaran empuk yang menunggu untuk dieksploitasi. 
  7. Link Palsu. Banyak sekali link-link palsu yang digunakan untuk mengelabui pengguna, baik melalui media sosial atau melalui situs-situs tertentu. Oleh karena itu sebaiknya anda berhati-hati dengan link-link semacam ini. 
Mudah-mudahan dengan tulisan ini, kita bisa terhindar dari kejahatan cyber.

2 komentar for Kejahatan Cyber Yang Perlu Diwaspadai di Tahun 2014 :

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam