ads

Kelebihan Nokia X Dibandingkan Perangkat Android Lainnya

Jumat, 28 Maret 2014
(Nokia X)
Nokia X pertama kali di perkenalkan di ajang Mobile World Congress di Barcelona Spanyol Pebruari lalu. Smartphone X menarik banyak orang untuk mengetahui karena mengusung sistem operasi Android waluapun tampilan antarmukanya berbeda. Smartphone yang diberi kode RM-980 ini secara fisik Nokia X terlihat menarik karena memiliki casing dengan warna cerah dan ukurannya terasa pas di genggaman.


Nokia X memiliki layar dengan jenis WVGA berukuran 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel. Sementara itu tampilan Nokia mengadopsi tampilan Windows Phone dengan nuansa kotak-kotak. Nokia X bisa disebut sebagai ponsel Android dengan rasa Windows Phone. Tampilan ini memberi pengalaman yang berbeda. 


Jika Anda menyapu layar dari atas ke bawah, akan muncul menu notifikasi yang mirip dengan Android. Di sana terdapat beberapa tombol jalan pintas untuk masuk ke Settings atau Pengaturan. Jika melihat di menu About Phone pada Nokia X, menggunakan sistem operasi "Android" versi Nokia ini tertulis "Nokia X software platform 1.0". Sistem operasi ini sebenarnya setara dengan Android versi 4.1.2 atau Jelly Bean. 

Tidak seperti smartphone Android lainnya yang menyediakan tiga atau empat tombol di bawah layar, di Nokia X hanya ada satu tombol di bawah layar, yaitu tombol kapasitif Back. Di samping kanan ponsel terdapat tombol daya dan pengatur volume. Lalu, di bagian atas terdapat port audio 3,5 mm serta port MicroUSB pada bagian bawah. 

Kinerja ponsel ini terbilang mulus karena perangkat tersebut menggunakan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1GHz, RAM 512 MB, dengan penyimpanan internal sebanyak 4 GB yang dapat ditingkatkan dengan kartu MicroSD hingga 32 GB. 

Pada bagian kamera, Nokia X memiliki kamera belakang dengan sensor 3 megapiksel, tetapi sayangnya tidak dibekali lampu kilat LED. Sayangnya tidak ada kamera depan untuk video call atau chatting. 

Panel belakang Nokia X dapat dibuka seperti ponsel Nokia pada umumnya. Di balik panel itu terlihat komponen baterai dengan kapasitas 1.500mAh, dua slot kartu SIM (GSM dan GSM), yang mengapit slot kartu MicroSD. Ada beberapa hal yang membedakan Nokia X dengan ponsel Android lain, yaitu Nokia X tidak memiliki toko aplikasi Google Play Store dan tidak ada layanan mobile Google seperti Gmail, YouTube, Google Maps, atau Google+. 

Untuk mengunduh dan memasang sebuah aplikasi, pengguna dapat mendapatkan aplikasi dari toko aplikasi Nokia Store. Di dalam Nokia Store sudah terdapat beribu aplikasi Android dengan format APK. Beberapa aplikasi populer sudah tersedia di Nokia Store, seperti Facebook, Twitter, Vine, WeChat, Plants vs Zombie, Fruit Ninja, Opera, serta beberapa aplikasi lokal karya anak bangsa seperti Save the Hamsters dan Blastnote. 

Ada beberapa kelebihan Nokia X yang tidak dimiliki oleh perangkat Android lain

  1. Memiliki Nokia Store. Tidak seperti perangkat Android lainnya yang memiliki Google Play Store, Nokia X bisa mendownload ratusan ribu aplikasi Android di Nokia Store. 
  2. Memiliki Signature Service. Nokia X memiliki signature service Nokia, sehingga pengguna bisa mengunduh aplikasi Here Maps yang dapat diakses secara gratis serta Nokia MixRadio untuk streaming dan download musik.
  3. Menggunakan layanan populer dari Microsoft. Di perangkat Nokia X, anda akan mendapatkan layananan seperti Skype dan penyimpanan cloud OneDrive. Untuk para penggemar Nokia yang membeli Nokia X akan memperoleh 1 bulan telepon gratis dari Skype dan kapasitas penyimpanan cloud gratis dari OneDrive hingga 10 GB.
  4. Nokia X memiliki antarmuka seperti Nokia Lumia. Bedanya Nokia X hadir dengan homescreen atau layar utama dan memiliki fitur Fastlane. Di layar utama, tampilannya mirip dengan Nokia Lumia yang mengusung sistem operasi Windows Phone, dengan nuansa kotak-kotak. Semua bisa dikustomisasi sesuai selera, termasuk bisa diperbesar dan diperkecil. 
  5. Memiliki fitur Fastlane. Dengan fitur ini Nokia X merekam semua aktivitas yang dilakukan pengguna dengan menampilkan semua notifikasi chatting, email, dan lainnya. Selain itu fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk berpindah ke aplikasi favorit dengan cepat.

2 komentar for Kelebihan Nokia X Dibandingkan Perangkat Android Lainnya :

  1. jadi tertarik untuk membeli nokia X
    semoga bisa beli :)

    BalasHapus
  2. ane mau share ni gan. nokia x sw platform itu sw (software) keluaran baru nokia. dan sw ini memang sekilas tampak sama dengan android. namun disw ini akan masih ada banyak perubahan kedepannya. nokia sendiri pun masih berkomitmen untuk tetap mengeluarkan produk yang dapat bersaing dirana bisnis.
    kelebihan dinokia x ini pun bisa dikatakan memiliki keamanan yang cukup tinggi dibandingkan android. jika di pengaturan sw android kita dapat "mencentang" untuk pengaturan aplikasi yang tidak diketahui sumbernya. namun dinokia x itu tidak ada pengaturan untuk itu. hal itu di lakukan untuk mencegah adanya virus yang masuk kedalam ponsel nokia. :D

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam