ads

Sage Fusion 2, Game Asal Indonesia Raih Juara Dunia Tizen App Challenge

Minggu, 02 Maret 2014
Game Sage Fusion 2 Karta Kidalang

Siapa bilang orang Indonesia kurang kreatif, ini loh buktinya. Sebuah pengembang game independen (Indie) asal Bandung yakni Kidalang berhasil menyabet juara di kompetisi pembuatan aplikasi Tizen App Challenge yang diselenggarakan oleh Tizen Association. Tizen sendiri adalah sistem operasi terbaru buatan Samsung. 


Pengumuman yang dilakukan pada konferensi pers pada hari Minggu tanggal 23 Pebruari 2014 lalu, game yang berjudul Sage Fusion 2 buatan Kidalang meraih hadiah utama kategori Game Roleplaying dan Strategi dan berhasil menggondol hadiah uang sebesar 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 miliar. 


Kompetisi Tizen App Challenge sebenarnya berlangsung dari Juli hingga Desember 2013 mengajak pengembang aplikasi mengembangkan software untuk platform terbuka besutan Samsung. Pada kesempatan tersebut, kategori peserta dibagi menjadi dua, yakni Game dan Non-game. Aplikasi yang diikutsertakan dapat ditulis dalam bahasa pemrograman native Tizen atau HTML5. 

Sebanyak 54 pemenang dalam 9 kategori yang berbeda yakni 3 game dan 6 non-game di kompetisi tersebut menerima hadiah dengan jumlah hadiah sebesar 4,04 juta dollar AS atau sekitar 46,9 miliar rupiah. Aplikasi-aplikasi pemenang kompetisi ini nantinya akan bisa berjalan dalam developer kit Tizen karena belum ada perangkat mobile yang mengusung platform tersebut, kecuali dua buah smartwatch dari Samsung yang bernama Gear 2 dan Gear 2 Neo yang diluncurkan pada ajang MWC 2014. 

Sage Fusion 2 sendiri adalah game yang bertema futuristik, pertama kali dirilis pada pertengahan 2013 lalu di perangkat iPhone, iPad, iPod Touch, dan smartphone BlackBerry Z10. 

0 komentar:

Poskan Komentar test