ads

Teknologi Untuk Mencari Pesawat Hilang

Minggu, 09 Maret 2014
(Pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines)
Dua hari belakangan ini, seluruh media masa baik elektronik, cetak, media online maupun televisi dipenuhi dengan berita tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines. Pesawat Boeing 777-200 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines ini hilang kontak sekitar 2 jam setelah lepas landas dari Bandara di Kuala Lumpur International Airport menuju Beijing China. 


Sampai saat berita ini diposting, tim SAR gabungan dari berbagai negara belum berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines yang hilang ini. Berbagai teknologi canggih dikerahkan untuk mengetahui posisi jatuhnya pesawat tersebut. 


Ada beberapa cara untuk menemukan lokasi jatuhnya pesawat yang hilang

  1. Mencari titik koordinat lokasi kontak komunikasi terakhir. Dengan cara mengetahui titik koordinat kontak komunikasi terakhir antara pihak pilot dengan bandara atau dengan pesawat lain, minimal tim SAR dan pihak otoritas lalulintas udara bisa mengetahui range atau jangkauan dari pesawat tersebut sehingga lokasi pencarian tidak terlalu melebar. 
  2. Dengan meminta bantuan badan antariksa dan Radar dari berbagai negara. Saat ini banyak sekali negara-negara yang mempunyai badan antariksa khususnya yang mempunyai satelit mata-mata. Karena satelit ini memang dibuat untuk mengetahui semua pergerakan tidak perangkat vital termasuk pergerakan pesawat udara yang memiliki ukuran besar. 
  3. Menggunakan sinyal smartphone. Keberadaan perangkat smartphone bisa diketahui titik koordinatnya melalui sinyal ponsel. Tapi sayang tidak semua penerbangan memperbolehkan penumpangnya untuk menggunakan smartphone di pesawat padahal ini bisa membantu apabila terjadi pesawat hilang. Selain itu sinyal smartphone akan hilang saat berada diketinggian tertentu dan berada di luar negeri. 
  4. Bantuan teknologi Google. Teknologi canggih yang ada di sistem operasi buatan Google yakni Android, sebenarnya bisa digunakan untuk mengetahui lokasi dari perangkat Android yang hilang tersebut. Jangankan lokasi, semua data, percakapan yang disimpan di perangkat tersebut bisa dibuka oleh Google. Saya yakin dari sekitar 227 penumpang dan 12 kru pesawat pasti ada yang menggunakan perangkat Android. 
  5. Mengetahui kebiasaan rute dan kecepatan pesawat. Pesawat terbang biasanya memiliki rute tersendiri, walaupun berada di angkasa tetapi mereka sudah biasa menggunakan rute-rute tertentu yang dianggap paling aman untuk penerbangan. Selain itu kecepatan rata-rata pesawat pada saat berada di angkasa sebenarnya bisa diketahui. Dari data tersebut bisa di ketahui perkiraan lokasi jatuhnya pesawat terbang. 
  6. Mengerahkan teknologi Metal Detector. Beberapa pesawat dan kapal laut sebenarnya sudah ada yang dilengkapi dengan metal detector untuk mengetahui keberadaan benda-benda metal atau logam, sehingga bila ada bangkai pesawat atau kapal yang karam bisa segera ditemukan. 
Tapi kita semua hanya bisa berusaha, karena semua teknologi adalah ciptaan manusia dan hanya Allah yang mengetahui akan segalanya. Tidak ada kekuatan teknologi manapun yang mengalahkan kekuasaan-Nya. Mudah-mudahan pesawat Malaysia Airlines ini segera ditemukan Amiiiin.

0 komentar:

Poskan Komentar test