ads

Tips Belajar Lebih Efektif

Minggu, 23 Maret 2014

Belajar adalah kewajiban bagi siswa, atau mahasiswa dimana pun berada. Belajar adalah cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat dan menambah pengetahuan. Tapi banyak siswa atau mahasiswa yang menganggap dirinya sudah belajar dengan benar tetapi tetap saja kemampuan daya ingatnya tidak ada perubahan yang signifikan. 


Hasil belajar yang optimal ditandai dengan nilai yang semakin baik dari cara yang jujur dan daya ingat yang lebih lama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar. Sebenarnya ada banyak cara agar siswa atau mahasiswa bisa belajar dengan efektif sehingga hasil yang didapat lebih optimal. 


Berikut tips belajar lebih efektif

  1. Berusaha untuk konsentrasi. Belajar harus konsentrasi, fokus pada buku yang kita pelajari jangan ada pikiran lain selain pada apa yang kita baca. 
  2. Belajar jangan terlalu lama. Belajar yang optimal sebenarnya hanya 30 – 40 menit saja, selebihnya pikiran kita sudah tidak konsentrasi lagi. 
  3. Matikan handphone. Saat belajar sebaiknya matikan dulu handphone, karena jika belajar ada handphone disisi maka kita tidak akan konsentrasi lagi. Ada sms kita langsung buka, ada telpon langsung diangkat, ada pemberitahuan sosial media yang lain langsung dibalas. 
  4. Matikan televisi. Pada saat belajar sebaiknya jangan menyalakan televisi, karena pikiran tidak akan konsentrasi lagi, apalagi ada tayangan yang menarik.
  5. Belajar dengan rutin. Otak manusia memiliki kemampuan lebih jika terus digunakan, oleh sebab itu sebaiknya belajar dengan rutin setiap hari. Kecuali hari libur biarkan otak ini refreshing dulu. 
  6. Mengatur waktu belajar. Belajar bisa dilakukan kapan saja, bisa sore, malam dan pagi hari. Tapi waktu belajar yang efektif adalah pada malam hari dan pagi hari. Tapi seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa belajar jangan terlalu lama. 
 Mudah-mudahan tips tadi bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar test