ads

Veldan, Robot Canggih Yang Bisa Meniru Gerakan Shalat

Sabtu, 01 Maret 2014

Berbagai cara dilakukan oleh seorang guru agar anak didiknya merasa senang dengan apa yang diajarkannya. Seorang guru SD di Iran berhasil mengembangkan sebuah robot untuk mempermudah para muridnya dalam mempelajari gerakan shalat.


Robot ini pertama kali dirancang oleh Akbar Rezaie pemuda berumur 27 tahun. Pemuda ini merupakan staf pengajar ilmu Alquran di SD Alborz, Varamin, dekat ibu kota Teheran Iran. Karyanya yang unik tersebut berawal dari keisengan Rezaei saat mengikuti kelas privat robotika beberapa waktu yang lalu. Dari situ, kemudian ia memperoleh keterampilan merakit dan mengembangkan robot humanoid (mirip manusia) yang gerakannya dapat disesuaikan layaknya gerak tubuh manusia. Muncullah ide untuk membuat robot yang bisa bergerak seperti orang shalat.


Rezaie terus melakukan eksmperimen di rumahnya. Setelah melakukan beberapa modifikasi mekanis, ia akhirnya berhasil membuat robot yang mampu memperagakan gerakan-gerakan shalat seperti ruku, sujud termasuk bacaan shalatnya.

Robot tersebut kemudian ia beri nama Veldan yang dalam bahasa Arab disebut Wildan. Wildan diambil dari Alquran yang berarti “pemuda surga”. Salah satu muridnya di SD Alborz berkomentar, Sebelumnya aku terbiasa melakukan shalat dengan tergesa-gesa. Tapi, sekarang aku ingin shalat lebih pelan (tuma’ninah) lagi seperti robot ini. Silakan lihat video robot Veldan tersebut :


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar test