ads

Cara Mengatasi Cyber Bully

Selasa, 08 April 2014

Aksi bully seperti memaki, mengejek, menghina, dan mengancam kini tidak hanya dilakukan di dunia nyata. Bentuk kekerasan ini telah merambah ke dunia maya, yang dikenal dengan istilah Cyber Bully. Pelaku dan korban kebanyakan anak-anak dan remaja. Aksi ini sering kali ditemukan di sosial media seperti twitter, dan facebook. 

Efek cyber bully justru lebih berat dari aksi bully di dunia nyata, daya rusaknya serius karena meninggalkan luka psikis yang dalam. Korban dapat merasa gelisah, depresi, hingga bunuh diri. Meski Cyber Bully merupakan ancaman serius namun sayangnya kurang mendapat perhatian di Indonesia. 

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat menghadapi aksi Cyber Bully
  1. Putuskan komunikasi dan blok akun si pelaku. Jika terjadi saat chatting, segera tinggalkan chat room, pelaku bisa menggunakan akun lain untuk meneruskan serangan, tapi setidaknya kita bisa lebih waspada. 
  2. Jangan Merespon. Para pelaku bully selalu menunggu reaksi si korban maka abaikan dan jangan terpancing. 
  3. Laporkan pada pihak yang dipercaya. Segera laporkan pada pihak yang dipercaya seperti orang tua, guru, atau tenaga konseling di sekolah. Jangan segan untuk menggunakan fitur report atau blok dari penyedia layanan seperti facebook, twitter ataupun email. 
  4. Ambil Tindakan Hukum. Capture semua pesan, gambar, atau materi pengganggu yang dikirim pelaku sebagai barang bukti kepada yang berwajib. 
  5. Berperilaku sopan di dunia maya. Berlaku buruk saat online seperti bergosip, dan memfitnah, akan meningkatkan risiko sesorang menjadi korban. 
  6. Jadilah Teman. Meneruskan pesan fitnah, atau hanya diam akan menyuburkan aksi bullying dan menyakiti perasaan korban. Minta pelaku hentikan aksinya atau bantulah korban menenangkan diri. 


Dipersembahkan oleh Internet Sehat

4 komentar for Cara Mengatasi Cyber Bully :

  1. laporin ke polisi, biar kena pasal tuh hehe.... banyak kasus dari cyber bullying yg menyebabkan kematian

    BalasHapus
  2. Harus kuat mental, kalau mental udah lemah cenderung mudah depresi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau baca lebih lengkap untuk mengatasi bahaya cyberbullying masuk http://cyberjunay.blogspot.com/2015/12/cyber-bullying.html

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam