ads

Ternyata Coding Itu Mudah

Jumat, 25 April 2014
(Coding sederhana)
Kalau mendengar kata coding, pasti identik dengan angka-angka algoritma dan kode yang susah diterjemahkan. Orang yang melakukan coding biasanya harus kuliah atau belajar tentang bahasa pemrograman. Tetapi ternyata pengertian coding seperti itu keliru. 


Coding itu sebenarnya simpel dan mudah dilakukan, tidak hanya orang dewasa tetapi bisa dilakukan oleh anak-anak sekolah sekali pun. Pasti anda tidak percaya anak sekolah bisa melakukan coding. Paling-paling dipandu oleh orang tuanya atau saudaranya yang mahir coding baru bisa melakukan coding. 

Banyak tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Mark Zukerberg, Jack Dorsey awal mulanya belajar coding. Coding sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja bukan hanya untuk orang-orang ternama tadi, tapi siapa saja bisa melakukan tidak harus seorang programer atau developer. Anak sekolah harusnya sudah dipelajari pelajaran code di sekolah. 

Ini yang membuat kami tertarik untuk mengikuti acara “We Speak Code” yang diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia di Menara 2 BEJ Lantai 18 pada hari Kamis 24 April 2014 kemarin. Tidak hanya orang dewasa yang bisa coding, tetapi anak-anak pun bisa coding. 

Acara ini diisi oleh pembicara ternama seperti Sanny Gaddafi (Co-Founder 8villages, Founder Fupei, Director Jakarta Founder Institute), Deddy Avianto (Initiator HoRepublik) dan Irving Hutagalung (Developer Platform Evangelist Microsoft Indonesia). 

Ada hal yang paling menarik dengan coding, ternyata coding itu mudah dan tidak sesulit yang dipikirkan. Mau tau caranya coding untuk pemula silakan ikuti langkah-langkah berikut ini : 

  1. Masuk ke www.code.org 
  2. Kemudian tekan Go pada Write your first computer program 
  3. Jika ingin mengubah bahasa silakan ganti dulu bahasanya agar bisa dimengerti 
  4. Lalu ada teka-teki 1 sampai 20 yang harus anda lakukan. Anda cukup memindahkan Gerak maju, belok kanan belok kiri sesuai dengan aturan. 
  5. Untuk menampilkan kode anda cukup menekan Tampilkan kode 
  6. Kemudian tekan Jalankan Program 
  7. Silakan lakukan hingga selesai. 
(Sertifikat Coding)
Nantinya anda akan mendapat sertifikat setelah melaksanakan tugas tersebut dengan cara tulis nama dan alamat email anda lalu tekan kirim. Bagaimana mudah bukan? Cara membuat coding sambil bermain tentu sangat menyenangkan terutama untuk anak-anak. Selamat mencoba.

3 komentar for Ternyata Coding Itu Mudah :

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam