May 13, 2014

Cara Mudah Agar Tidak Diintai Saat Internetan

Cara Mudah Agar Tidak Diintai Saat Internetan

(Hati-hati ada spyware mengintai anda saat internetan)
Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang di Indonesia. Kebiasaan Anda membaca artikel di salah satu situs atau blog, sebenarnya kemungkinan saat itu Anda sedang ada yang mengawasi. Mata-mata tersebut bisa saja hacker, perusahaan iklan, atau sebuah perusahaan, dengan tujuan-tujuan tertentu.


Hacker kemungkinan sedang berusaha mengakses informasi dari Anda, atau perusahaan iklan ikut melacak aktivitas saat berselancar di internet guna dapat menyuguhkan iklan yang sesuai dengan target mereka. Namun tak menutup kemungkinan sebuah perusahaan berusaha menggiring Anda ke situs tertentu.


Mereka menggunakan tool yang digunakan untuk memantau aktivitas saat anda berselancar di dunia maya yang disebut dengan spyware. Spyware adalah semacam aplikasi tersembunyi untuk memanipulasi atau melacak pengalaman browsing. Tujuan dari spyware biasanya berhubungan dengan periklanan atau sering disebut dengan adware.

Karena spyware ini sifatnya dilakukan secara diam-diam, sehingga pengguna internet tidak sadar telah menjadi korban spyware. Tapi banyak penggunanya tidak menyadari akan hal tersebut. Tanda-tanda Anda telah menjadi korban spyware contohnya, tiba-tiba Anda diarahkan ke sebuah mesin mencari, padahal sebenarnya anda ingin mengakses Google, atau tiba-tiba muncul iklan pop-up di semua situs yang Anda kunjungi.

Namun Anda masih bisa mencegah spyware tersebut. Langkah utamanya adalah mengunduh dan memasang software anti-spyware. Saat ini terdapat banyak aplikasi yang bisa memindai spyware di komputer, beberapa di antaranya gratis.

Berikut Aplikasi pemindai spyware :
  1. Ad-Aware buatan dari Lavasoft 
  2. Microsoft Windows Defender 
  3. PC Tool Spyware Doctor 
  4. Spy Sweeper 
  5. STOPzilla 
Tapi ada beberapa catatan  :
  • Jangan mendownload dan menggunakan lebih dari satu aplikasi anti-spyware, karena akan berdampak pada kinerja komputer, seperti sering terjadi crash. 
  • Selain itu, jika antivirus yang telah Anda instal memiliki kemampuan anti-spyware, maka tidak perlu menggunakan aplikasi khusus lain. 
  • Ketika aplikasi anti-spyware mendeteksi aktivitas berbahaya, ada baiknya spyware itu segera dihapus. Anda juga harus memastikan bahwa aplikasi anti-spyware yang digunakan merupakan versi terbaru. 
  • Ketika komputer sudah bersih dari spyware, Anda harus tetap berhati-hati. Dengan tidak meng-klik pemberitahuan yang mengklaim komputer Anda harus dipindai karena ada spyware, sebaliknya kemungkinan besar Anda justru mengunduh spyware ke komputer.
  • Jangan meng-klik iklan pop-up (yang tiba-tiba muncul).
Cara Mudah Agar Tidak Diintai Saat Internetan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon