ads

OwnFone, Ponsel Pertama di Dunia Dengan Huruf Braile

Selasa, 20 Mei 2014
(Ponsel OwnFone Braile)

Smartphone dengan layar sentuh bagi kebanyakan orang sudah merupakan perangkat wajib yang harus dibawa kemana pun mereka pergi. Tapi bagi penyandang tunanetra, teknologi layar sentuh hanyalah sebuah benda seperti kaca yang hanya bisa disentuh tapi tidak bisa digunakan untuk tujuan komunikasi. 


Kini ada kabar gembira bagi penyandang tunanetra agar lebih mandiri dan percaya diri dengan perangkat mobilenya. OwnFone sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di London menciptakan ponsel yang didesain simpel dengan menyematkan huruf Braile pada perangkat tersebut. 


Dengan memanfaatkan teknologi pencetakan printer tiga dimensi, OwnFone merancang tombol personalisasi di bagian depan ponsel untuk menandakan kontak. Ponsel secara otomatis akan mengkonversi nama kontak yang ada di atas tombol ke huruf Braile tersebut. 

Teknologi ini juga dilengkapi dengan tombol panduan yang bisa digunakan untuk orang-orang yang mempunyai penglihatan normal yang tak bisa membaca huruf Braile. Ponsel yang diberi nama lengkap OwnFone Braille ini dijual dengan harga 60 poundsterling atau sekitar 1,1 juta rupiah. 

Saat ini OwnFone baru memasarkan ponsel besutannya di kawasan Inggris. Namun Tom Sunderland, pendiri OwnFone berencana menjualnya ke pasar global. Pada tahun 2012 yang lalu, OwnFone pernah meluncurkan ponsel pertama di dunia yang bisa dikustomisasi sesuai selera pengguna, dan pada tahun 2013 merilis sebuah perangkat sederhana yang khusus digunakan untuk anak usia 4 - 9 tahun. 

0 komentar:

Poskan Komentar test