May 15, 2014

Tips Menghindari Pencurian Data Kartu ATM

Tips Menghindari Pencurian Data Kartu ATM

(Mesin ATM) 
Beberapa hari belakang ini marak pemberitaan mengenai kasus kehilangan dana setelah mengambil uang di ATM (Automated Teller Machine) Bank Mandiri. Korbannya tidak sedikit hingga mencapai ribuan nasabah. Kasus ini sebenarnya berawal dari skimming atau pencurian informasi data ATM. Selain ATM sebenarnya skimming ini bisa terjadi kepada pemilik Kartu Kredit dengan mengambil data nomor PIN dan akun nasabah melalui mesin ATM, atau EDC. 


Skimming sebenarnya bukan lagi hal baru karena telah ada sejak 10 tahun yang lalu. Hal yang membedakan adalah teknologi yang digunakan penjahat menjadi lebih baik setiap tahunnya. Karena itu konsumen dihimbau untuk selalu berhati-hati dalam setiap pengambilan uang di ATM, mesin EDC di Toko atau Pasar Swalayan. 


Pelaku skimming ATM menggunakan dua perangkat untuk mengetahui nomor PIN dan data kartu tersebut. Satu perangkat diletakkan di dekat pengguna memasukkan kartu ATM, untuk membaca garis magnetik dan nomor akun, yang satunya lagi adalah kamera tersembunyi untuk mengetahui nomor PIN. 

Sehingga penjahat bisa mengambil datanya secara real time. Mereka bisa saja berada di dalam mobil dengan laptop atau dimana saja untuk mengakses perangkat tersebut. Skimming ATM ini tentu sangat merugikan para nasabah atau pemilik kartu ATM atau kartu kredit. 

Nah jika anda tidak ingin menjadi salah satu korban, berikut tips menghindari skimming atau pencurian data kartu ATM

  1. Hati-hati saat menekan nomor PIN. Walaupun tidak ada orang lain yang melihat saat berada di ATM, Anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi bisa saja sedang memantau aktivitas Anda, dan mengetahui password Anda. Karena itu, saat menekan PIN ATM, sebaiknya Anda menutupnya dengan tangan. Hal ini bisa mencegah pencuri mengetahui PIN Anda. 
  2. Perhatikan lokasi ATM. Hindari menggunakan ATM di daerah yang memiliki pencahayaan redup dan malam hari. Hindari ATM di toko-toko ritel atau restoran, hal ini karena perangkat skimming pernah ditemukan di ATM yang berada di sebuah toko populer di Florida Amerika Serikat. Selain itu, ATM di bandara juga rentan terhadap aksi pencurian data dan informasi ATM. Sebaiknya juga jangan terlalu sering ke ATM kalau tidak dalam keadaan mendesak. Semakin sering ke ATM, maka resikonya semakin besar. 
  3. Periksa saldo rekening Anda secara teratur. Anda seharusnya memeriksa saldo rekening secara teratur. Dengan cara seperti itu Anda bisa segera mengetahui jika ada transaksi penarikan uang yang aneh. Pengguna kartu kredit biasanya lebih mudah mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan, karena tagihan kartu kredit biasanya dikirimkan secara teratur kepada pemiliknya. 
  4. Perhatikan kondisi ATM. Anda seharusnya memperhatikan dengan seksama kondisi ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang merasakan keanehan ketika memasukkan kartu ke ATM. 
Mudah-mudahan tips menghindari skimming atau pencurian data Kartu ATM ini bermanfaat bagi Anda.


Tips Menghindari Pencurian Data Kartu ATM
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon