ads

Tips Monetize Blog Anda Dengan Iklan

Kamis, 29 Mei 2014
(Ilustrasi Monetize blog)
Blogging adalah media yang menguntungkan. Banyak blogger memulai blognya dengan tujuan mencari uang atau penghasilan. Beberapa blogger mungkin telah berhasil mendapatkan pembaca setia dan trafik yang tinggi ke situs atau blognya, tetapi mungkin masih kesulitan untuk mendapatkan pengunjung yang menghasilkan pendapatan.


Salah satu cara yang paling umum untuk mendapatkan uang atau monetize dari blog adalah melalui iklan display. Beberapa blogger sepertinya sangat mudah mendaftar dan memasang iklan tersebut. Tetapi untuk mendapatkan iklan yang berpotensi menghasilkan uang tidaklah mudah.


Berikut beberapa tips untuk mendapatkan penghasilan dari blog dari iklan :
  1. Maksimalkan jumlah iklan yang diperbolehkan per halaman. Seringkali jumlah iklan yang wajar dari unit iklan yang dipasang di blog berisi tiga atau lebih dalam satu halaman. Disarankan Anda memasang iklan dari jaringan iklan yang memperbolehkan hal tersebut. Ini kemungkinan besar akan memicu lonjakan pendapatan secara instan. 
  2. Tempatkan Link Iklan. Unit link kontekstual adalah sumber pendapatan yang sangat efektif untuk monetisasi karena fleksibilitasnya. Iklan ini bisa berbaur di dalam postingan atau konten yang dapat ditempatkan di manapun seperti pada akhir setiap posting blog. Karena iklan tersebut tidak mengganggu daripada iklan banner, mereka lebih user-friendly dan bila dilakukan dengan benar akan banyak mendapatkan klik. Sehingga pundi-pundi penghasilan anda akan semakin bertambah. 
  3. Gunakan Adsense 'Custom Search Engine’. Produk Adsense adalah produk yang sangat baik nilai tambahnya untuk pengguna situs Anda. Selain dari iklan yang keluar dari halaman hasil pencarian dalam situs Anda , fungsi pencarian sangat ringan dan mudah digunakan bagi kebanyakan orang. Tidak perlu teknik tinggi untuk mengimplementasikannya. Anda dapat mengkustomisasi sendiri mesin pencari secara tepat dalam situs atau blog Anda. Meskipun Anda tidak bisa mengharapkan trafik yang tinggi ke hasil pencarian akan tetapi tingkat klik dan RPMnya lebih tinggi sehingga akan menghasilkan beberapa keuntungan tambahan bagi Anda. 
  4. Optimalkan konten dengan sisipan iklan. Konten yang menarik adalah cara yang baik untuk menjaga pembaca terpaku pada artikel Anda. Ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menggunakan ruang iklan dalam konten tersebut. Dengan jumlah pengunjung yang banyak dan berlama-lama membaca konten yang menarik , maka Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk menambah penghasilan, pengunjung akan berinteraksi lebih banyak dengan iklan Anda (misalnya mengklik/membaca iklan). Tapi ingat iklannya jangan sampai mengganggu pembaca, sehingga mendorong pembaca untuk pergi dari blog atau situs anda. Ukuran banner yang yang ideal untuk ditempatkan di dalam postingan blog adalah 468 × 60 dan 234 × 60. Iklan ini bisa ditempatkan antara paragraf dalam posting blog Anda. Jenis iklan ini lebih mungkin akan menarik pengunjung Anda daripada yang biasanya ditempatkan pada area iklan umum seperti sidebar atau footer. 
  5. Memanfaatkan Area Komentar Dengan Iklan. Salah satu contoh yang bagus untuk penempatan iklan yang strategis adalah dengan menempatkan iklan antara kotak komentar dan artikel Anda. Pembaca diberi pilihan untuk melanjutkan dengan artikel yang menarik lainnya (dengan mengklik iklan), atau berpartisipasi dalam diskusi blog (dengan menulis komentar). 
Mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat serta bisa menghasilkan pundi-pundi rejeki yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. 

4 komentar for Tips Monetize Blog Anda Dengan Iklan:

  1. wah sepertinya blog saya terlalu banyak iklan nih :D ada 9 banner yang terpasang :D tapi kalau mau dikurangi menjadi 3 banner saja, sangat disayangkan hehe :D

    BalasHapus
  2. woh.. 7 iklan, btw cara dapeting pengiklan kayak gitu gimana gan? @dicintai

    BalasHapus
  3. Thanks atas infonya, sebagai blogger pemula saya akan coba tips dari artikel ini agar dapat memaksimalkan pendapatan dari iklan.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam