ads

Google TalkBack, Aplikasi Untuk Penyandang Tuna Netra

Senin, 09 Juni 2014
(Aplikasi Google TalkBack)
Jangan anggap remeh para penyandang disabilitas terutama penyandang tuna netra, walaupun mereka tidak bisa melihat secara nyata, tetapi mereka bisa meraba dan melihat dengan hati. Kalau selama banyak yang beranggapan teknologi bahwa semakin canggih, semakin banyak perangkat yang menggunakan layar sentuh sehingga penyandang tuna netra tidak bisa menggunakannya. 

Ternyata hal ini tidak benar, karena sekarang ada aplikasi besutan dari Google yang diberi nama TalkBack. TalkBack adalah Layanan Aksesibilitas yang membantu pengguna tuna netra dan pengguna dengan gangguan penglihatan agar dapat berinteraksi dengan perangkat yang mereka gunakan. 

Dengan aplikasi Talkback, penyandang tuna netra dan ganggu penglihatan dapat menggunakan perangkatnya walaupun berlayar sentuh. Penggunanya bahkan bisa menambahkan masukan secara lisan, yang dapat didengar, dan dengan getaran ke perangkat Anda. Aplikasi ini sebenarnya telah terpasang pada sebagian besar perangkat. Tetapi banyak yang tidak tahu untuk mengaktifkannya. 

Berikut Cara mengaktifkan Aksesibilitas di perangkat Android
  1. Buka Setelan 
  2. Pilih Aksesibilitas 
  3. Aktifkan kotak centang Aksesibilitas 
Ada sedikit perbedaan antara sistem operasi Android versi 3 ke bawah, versi 4 atau yang lebih baru. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar test