ads

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lambat

Jumat, 04 Juli 2014
(Komputer atau laptop mulai lambat)
Anda mungkin pernah merasakan ketika membuka komputer atau laptop Anda terasa lebih lama dari biasanya. Ini merupakan sebagian dari tanda-tanda dari komputer atau laptop anda telah menurun kinerjanya yang disebabkan oleh beberapa faktor, bisa memori terlalu penuh, hard disk yang menua atau rusak, atau bisa jadi karena sudah terinfeksi virus, malware atau spyware. 


Oleh sebab itu ada cara terbaik untuk melindungi komputer atau laptop anda, agar kinerjanya tidak lambat dan kondisinya tetap berjalan normal tidak mengalami masalah yang berarti. 


Berikut cara mengatasi komputer atau laptop yang mulai lambat atau mempercepat kinerja komputer atau laptop anda

  1. Amankan komputer Anda dari virus. Anda sebaiknya jangan ceroboh membuka email dari sumber atau link yang tidak dikenal, jangan pula download program dari situs atau blog yang tidak aman. Periksa program yang di download dari virus sebelum menggunakannya. Segera perbaiki kerentanan berisiko tinggi pada komputer Anda. Serta tetapkan sandi yang berisi perpaduan antara angka serta huruf kapital dan huruf kecil untuk meningkatkan keamanan. 
  2. Cegah polusi piranti lunak untuk mempercepat booting komputer Anda. Kepentingan pembuat piranti lunak untuk mengatur piranti lunaknya secara otomatis pada saat startup. Piranti lunak ini bersaing memperoleh sumber daya komputer akan memperlambat waktu booting komputer atau laptop anda. Pemeriksaan teratur dan menonaktifkan program startup yang tidak perlu dapat meningkatkan kecepatan booting komputer Anda secara signifikan. Caranya tekan Start => Control Panel => Cari Aplikasi yang tidak diinginkan
  3. Bersihkan file sampah untuk mengurangi beban komputer. Program yang Anda jalankan meninggalkan file sampah di sistem komputer. File tersebut akan dimuat oleh sistem, meningkatkan beban sistem dan memperlambat komputer Anda. Sebaiknya Anda menghapus file sampah secara teratur agar sistem Anda tidak kelebihan beban. Selain itu agar komputer tidak lambat sebaiknya jangan menyimpan file di system atau Lokal Disk C. 
  4. Hapus dan instal kembali browser yang sering Anda gunakan. Jika dirasa komputer atau laptop anda sudah mulai melambat pada saat membuka internet atau pada saat membuka situs banyak pop-up yang muncul tidak sebagaimana mestinya. 
  5. Ganti Hard disk dengan yang baru. Jika masih saja melambat karena hard disk yang sudah menua atau berumur, sebaiknya ganti dengan yang baru. 
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat.


1 komentar on Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lambat

  1. artikel yang sangat bermanfaat sob :D
    terimakasih

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam