ads

Ivo, Smartphone 4G Pertama Buatan Indonesia

Sabtu, 05 Juli 2014
(Ivo Smartphone 4G Pertama buatan Indonesia)
Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara lain, termasuk dengan teknologi telekomunikasinya. Teknologi komunikasi berbasis 4G LTE atau Long Term Evolution sudah mulai digunakan di berbagai negara di penjuru dunia termasuk Indonesia. Penggunaan teknologi komunikasi internet cepat di banyak negara itu menjadi pasar potensial bagi produsen yang membuat perangkat pendukung 4G LTE. 

Ternyata diam-diam putra-putri anak bangsa Indonesia sudah memiliki perusahaan pembuat perangkat ponsel pintar yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Perusahaan itu adalah PT Sat Nusapersada Tbk, yang memproduksi sendiri smartphone 4G di pabriknya yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Perangkat yang diberi nama IVO ini menggunakan teknologi 4G yang didesain oleh PT TSM (Tata Sarana Mandiri). Sementara untuk pengerjaan yang lainnya oleh PT. Sat Nusapersada Tbk. Perangkat ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 4 Juli 2014 kemarin di Batam. 

Smartphone 4G buatan Indonesia ini menggunakan chipset Quad Core 1,2 GHz Snapdragon 400 buatan Qualcomm yang dipasangkan dengan RAM 1 GB. Penyimpanan internal smartphone 4G ini sebesar 8 GB, semenatar itu kamera utama yang digunakan pada perangkat ini berkekuatan 8 megapiksel serta dibekali fitur dual-simcard yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Perangkat ini kabarnya dibanderol dengan harga di bawah 2 jutaan. 

Smartphone 4G ini juga dapat bekerja pada berbagai frekuensi LTE yakni 1800 Mhz, 2300 Mhz, 2600 Mhz, tetapi tetap dapat berjalan pada frekuensi data 3G dan 2G. Kemampuan bekerja di banyak frekuensi telekomunikasi ini sengaja disematkan agar smartphone ini dapat beroperasi di berbagai negara. 

Sayangnya, belum diketahui kapan perangkat ini akan dipasarkan secara luas di Indonesia. Selain itu teknologi 4G di Indonesia baru bisa dinikmati secara terbatas di wilayah Jabodetabek. Semoga saja dengan kehadiran handset 4G buatan Indonesia ini akan mendorong semakin cepat lahirnya keputusan pemerintah mengenai layanan 4G di tanah air.


1 komentar on Ivo, Smartphone 4G Pertama Buatan Indonesia

  1. asalkan sistem pemasarannya bagus, berani iklan ...pasti meledak nih merek baru

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam