ads

Tips Komunikasi Online Lancar Saat Lebaran

Senin, 28 Juli 2014
(Berkirim pesan saat lebaran)
Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, khususnya sehari sebelum lebaran, malam Takbiran hingga pelaksanaan sholat Ied, dan setelah shalat Ied biasanya jaringan telekomunikasi dan internet akan mengalami lonjakan trafik yang sangat tinggi sehingga menimbulkan berbagai gangguan. 

Gangguan tersebut bisa berupa jaringan overload yang mengakibatkan internet lambat, telepon sering putus, hingga pesan pendek atau SMS dan pesan messenger yang gagal terkirim. Tapi sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

Berikut tips komunikasi online lancar saat lebaran

  1. Persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Sebaiknya lakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Misalnya saat akan mengirim ucapan atau kartu lebaran via online atau messenger. Sebelum mengirim, usahakan size atau ukuran file diperkecil sehingga tidak terlalu berat saat dikirim dan lebih mudah. 
  2. Hindari waktu dengan trafik tinggi. Usahakan untuk menghindari waktu-waktu trafik yang sangat seperti pada saat malam takbiran hingga pagi hari saat Lebaran. Karena jam-jam tersebut banyak orang yang menggunakan jaringan operator selular dan dipastikan trafik meningkat tajam. Anda bisa mengirim ucapan dan berkomunikasi sehari sebelum lebaran, sebelum malam takbiran atau pada siang hari saat lebaran sekitar pukul 12.00 siang ke atas.
  3. Cari posisi sinyal terbaik. Sebelum mengirim ucapan atau pesan singkat pastikan posisi kita berada di lokasi dengan sinyal terbaik. Sinyal sangat berpengaruh, jika berada dalam lokasi dengan sinyal buruk. Carilah tempat yang lebih baik dulu agar pesan atau ucapan bisa sukses terkirim. 
  4. Hindari broadcast message (Pesan Berantai). Hindari mengirim ucapan atau pesan baik melalui SMS atau aplikasi messenger secara berantai. Misalnya mengirim broadcast message langsung ke semua kontak atau mengirim pesan dan ucapan yang sama secara langsung. Ini akan mengakibatkan load yang tinggi dan menyebabkan banyak pesan yang gagal terkirim. Lebih baik jika pesan atau ucapan pengirimannya dilakukan secara berkala. Satu kali kirim untuk lima kontak dan seterusnya sesuai dengan keinginan Anda. 
  5. Bijak dalam menggunakan layanan operator selular. Semua kembali kepada pengguna masing-masing dalam menggunakan jaringan operator. Karena saat ini semua operator penyedia jaringan komunikasi sudah berusaha untuk meningkatkan layanannya menjelang, pada saat dan setelah Lebaran. Namun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan komunikasi tidak ada salahnya Anda lebih bijak dalam menggunakan jaringan untuk kebaikan Anda sendiri dan orang lain. 

Kami keluarga besar Didno76.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah Mohon Maaf Lahir dan Batin.


0 komentar:

Poskan Komentar test