Aug 26, 2014

Bahayanya Menggunakan Password yang Sama

Bahayanya Menggunakan Password yang Sama

Password
Menggunakan password atau kata sandi yang sama untuk digunakan di banyak akun sering dilakukan banyak orang pada saat ini. Penggunaan password yang sama ini tidak lain karena alasan untuk mudah mengingat. Tapi menggunakan password yang sama untuk banyak akun atau layanan berbasis internet merupakan sebuah kesalahan yang sangat fatal. 

Menurut CEO layanan keamanan LastPas Joe Siegrist, menggunakan satu password yang sama untuk banyak akun adalah hal paling berbahaya yang bisa dilakukan di internet. "Menggunakan kembali password sama seperti menggunakan satu kunci untuk banyak pintu di rumah Anda. Dan kunci itu dapat digunakan oleh orang lain, maka terbukalah semuanya," demikian dipaparkan Siegrist. 

Menurut data yang dimiliki Siegrist, hal pertama yang dilakukan seorang peretas setelah mencuri password adalah memeriksa dan menggunakan apakah password tersebut berfungsi pula pada akun atau layanan lainnya. 

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menggunakan password yang berbeda-beda di tiap akun dan layanan. Untuk menghindari lupa password, Siegrist menyarankan agar para pengguna memanfaatkan sejumlah aplikasi pendukung. Ada dua aplikasi populer untuk mengingat password, yakni LastPass perusahaan yang ia pimpin dan 1Password. 

Banyak pengguna yang tidak memahami resiko yang dihadapi ketika mereka menggunakan kembali password yang sama. Mereka berpikir tidak ada yang benar-benar mengintai mereka di luar sana, lanjut Joe Siegrist. 

Meskipun demikian, Siegrist menyebutkan bahwa kini sudah banyak layanan yang menerapkan sistem keamanan password dua langkah. Hal ini diyakini mampu meminimalisir kasus pencurian password pengguna intenet di seluruh dunia.


Bahayanya Menggunakan Password yang Sama
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon