ads

Baterai Ponsel Ini Bisa Diisi Dengan Suara

Jumat, 15 Agustus 2014
(Baterai  prototipe Nokia Lumia 925 diujicoba isi ulang dengan suara) 
Para peneliti terus berusaha mencari isi ulang baterai alternatif untuk ponsel atau smartphone. Di Inggris kini sedang dikembangkan sebuah ponsel yang mengubah suara latar seperti lalu-lintas, percakapan atau musik, menjadi listrik dan hasilnya sukses. 

Sebuah prototipe atau purwarupa hasil kerjasama antara ilmuwan dari Queen Mary University of London (QMUL) dengan Nokia telah berhasil membuat ponsel dengan isi ulang baterai menggunakan suara yang diambil dari suara bising lalu lintas, musik atau suara manusia. 

Kemampuan unik ini berasal dari nanogenerator yang mampu mengubah suara atau getaran menjadi listrik. Tim peneliti menemukan kesimpulan bahwa konsep ini sebelumnya mampu meningkatkan kinerja panel surya. 

Para ilmuwan awalnya melakukan penyemprotan lapisan seng oksida cair pada selembar plastik. Lembaran tersebut kemudian ditempatkan pada campuran bahan kimia dan dipanaskan sampai 90ºC (194ºF), yang menyebabkan oksida seng tumbuh menjadi array nanorods. 

Setelah tumbuh nantinya menghasilkan tegangan, lembar nanorod terjepit di antara dua lembar kontak listrik. Sedangkan kontak ini biasanya terbuat dari emas, para peneliti sedang mengembangkan mengganti emas dengan menggunakan aluminium foil agar biayanya bisa dihemat. 

Perangkat prototipe panen energi ini memiliki ukuran sama dengan Nokia Lumia 925, dan dilaporkan mampu menghasilkan tegangan hingga lima volt dengan menggunakan kebisingan sehari-hari seperti suara lalu lintas, musik dan suara sendiri. Lima volt sudah cukup untuk mengisi ponsel, dan ada peningkatan secara signifikan dari sebelumnya yang hanya 50 milivolt. 

Dengan demikian ke depannya, pengguna ponsel cukup menggunakan suara bising untuk mengisi ulang ponselnya. Atau jika punya suara kencang Anda bisa mengisi ulang baterai cukup dengan berteriak atau berkaraoke ria saja. 

0 komentar:

Poskan Komentar test