Aug 24, 2014

Inilah Bentuk Smartphone Pertama di Dunia

Inilah Bentuk Smartphone Pertama di Dunia

IBM Simon
Saat ini banyak sekali smartphone yang beredar di pasaran. Perangkat mobile ini banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bentuk smartphone pertama kali diciptakan oleh manusia. Berikut ini gambar yang diklaim sebagai smartphone pertama di dunia, yang dipamerkan di Museum Sains London, Inggris. 

Kurator (ahli sejarah) museum tersebut mengatakan bahwa perangkat besutan IBM bernama Simon ini merupakan smartphone atau telepon pintar pertama di dunia, jauh di masa sebelum era iPhone dan Android lahir.

IBM Simon pertama kali diluncurkan 20 tahun yang lalu, tepatnya 16 Agustus 1994. Perangkat yang saat itu dijual seharga USD 900 itu diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni sebanyak 50 ribu unit dan hanya dipasarkan di wilayah Amerika Serikat saja. 

Ketika diluncurkan, IBM Simon tidak disebut sebagai smartphone. Namun, fiturnya memiliki kesamaan dengan smartphone yang kita kenal saat ini. Perangkat ini memiliki fungsi kalender, dapat dipakai untuk mencatat, mengirim email, dan pesan singkat. Semuanya digabungkan ke dalam satu ponsel saja. Demikian diungkap Charlotte Connelly, kurator Museum Sains London. 

IBM Simon memiliki tampilan yang lebih mirip dengan perangkat walkie-talkie dari pada ponsel. Dengan berat 500 gram, IBM Simon hanya memiliki baterai yang sanggup bertahan selama satu jam dalam satu kali pengisian daya. 

Perangkat ini sudah memiliki pena stylus dan layar sentuh LCD berwarna hijau dengan ukuran layar serupa iPhone 4. Bahkan, tampilannya pun tidak terlalu buruk, demikian kata Connelly. 

Sayangnya harga yang dibanderol untuk IBM Simon pada waktu itu masih dianggap terlalu mahal. Sehingga tidak begitu laris di pasaran. Dua tahun setelah diluncurkan, perangkat tersebut menghilang dari peredaran. 

Inilah Bentuk Smartphone Pertama di Dunia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon