ads

6 Aplikasi Instant Messenger yang Bisa Digunakan di Komputer

Rabu, 24 September 2014
Mobile Chatting atau Instant Messenger 
Mengirim pesan teks melalui perangkat mobile sekarang sudah menjadi tren dan gaya hidup, serta penggunanya merasa nyaman dilakukan oleh siapa pun. Karena mengirim pesan teks bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 


Meskipun demikian, sebagian besar orang di kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan masih banyak menghabiskan waktunya di balik PC (Personal Computer) atau laptop. Sehingga kemampuan sebuah aplikasi untuk berkirim pesan dari platform PC ke mobile atau sebaliknya, banyak dicari oleh orang. 


Saat ini, memang ada banyak aplikasi pengiriman pesan teks. Namun, tidak banyak yang dapat bekerja di PC dan perangkat mobile sekaligus. Berikut ini enam aplikasi instant messenger atau pesan instan yang sudah mendukung platform PC atau laptop yang bisa digunakan di perangkat mobile :  


  1. Viber. mendukung semua platform yang ada saat ini. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk panggilan suara dan juga video. Selain itu bisa berkirim pesan teks yang disertai dengan stiker. Keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna harus menggunakan nomor telepon untuk menggunakannya. Nomor telepon ini nantinya akan berfungsi sebagai ID dari pengguna. Untuk menggunakan aplikasi ini di PC atau Mac, pengguna hanya perlu mengaktifkan fungsi tersebut dari perangkat mobile. Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Bada, Nokia. 
  2. Hipchat. Didesain untuk dunia pekerjaan. Aplikasi gratisnya mengizinkan pengguna untuk membuat ruangan chat hingga lima orang, sayangnya aplikasi ini dikenakan biaya 2 dollar AS per pengguna tambahan. Selain chat group, pengguna juga dapat melakukan chat individual dengan pengguna lain. Aplikasi ini dilengkapi kemampuan untuk berkirim dan berbagai file. Terdapat juga kemampuan untuk menonton video YouTube atau melihat tweet seseorang langsung dari aplikasi ini. Salah satu fitur yang membuat aplikasi itu sangat cocok untuk dunia pekerjaan adalah kemampuan enkripsi pesan 256-bit SSL. Platform yang didukung: Windows (beta), OS X, Linux (beta), iOS, Android. 
  3. Skype.  Aplikasi ini merupakan pemain lama di dunia berkirim pesan teks dan juga VoIP. Ia memiliki kemampuan yang baik untuk panggilan video dan suara. Karena sudah beredar bertahun-tahun, bug dan juga masalah teknis lainnya yang ada di aplikasi ini tidaklah terlalu banyak. Skype telah diakuisisi oleh Microsoft pada akhir tahun 2011 silam. Microsoft akhirnya memutuskan untuk menutup layanan pengiriman pesan mereka, Windows Live, dan menggantikannya dengan Skype. Daftar kontak yang ada di Windows Live pun dimigrasi ke Skype. Platform yang didukung: Windows, OS X, Linux, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry. 
  4. Facebook Messenger. Salah satu keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah hampir semua orang yang Anda kenal kemungkinan sudah menggunakannya. Pengguna bisa terus chatting dengan semua teman yang ada di daftar kontak di Facebook menggunakan aplikasi ini. Salah satu kekurangannya, Facebook Messenger masih belum hadir di sistem operasi Mac OS X. Aplikasi ini masih sering crash atau hang. Platform yang didukung: Windows, iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Asha. Line Aplikasi yang berasal dari Korea Selatan ini merupakan salah satu aplikasi pengiriman pesan terpopuler di Asia. Jumlah unduhan aplikasi ini diklaim telah mencapai lebih 500 juta. Fitur yang diberikan seperti panggilan suara, video, mengirim foto, game, dan stiker. Fitur terakhir yang disebutkan menjadi salah satu faktor mengapa aplikasi ini begitu digandrungi. Stiker buatan Line mampu hadir dengan karakter yang unik, dan lucu. Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Asha.  
  5. Yahoo Messenger. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai legenda hidup di dunia perchattingan. Pertama kali dirilis pada tahun 1998, meskipun tidak menggunakan nama Yahoo Messenger. Aplikasi ini hadir terlebih dahulu di platform PC dengan nama Yahoo Pager, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Yahoo Messenger with Voice di tahun 2005. Kemudian berganti lagi menjadi Yahoo Messenger dari tahun 2006 hingga saat ini. Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Symbian, BlackBerry 

0 komentar:

Poskan Komentar test