ads

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Resmi diluncurkan

Rabu, 10 September 2014
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
Perangkat yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi diperkenalkan kepada publik. Apple baru saja mengumumkan kehadiran iphone generasi terbarunya di Flint Center, Cupertino, California, Amerika Serikat Rabu dini hari tadi. 


Seperti yang dirumorkan sebelumnya, smartphone terbaru besutan Apple ini hadir dalam dua varian yakni iPhone 6 dengan ukuran layar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus dengan layar berukuran 5,5 inci. Keduanya mengusung teknologi display Retina HD, tidak seperti yang digembar-gemborkan sebelumnya yang menggunakan layar safir. 


"Kami membawa sejarah baru bagi iPhone yang merupakan smartphone nomor satu di dunia," demikian diungkap CEO Apple Tim Cook. Nah bagi Anda yang tidak sempat menyaksikan siaran langsung peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus berikut rangkumannya. 


Spesifikasi dan Harga iPhone 6 
iPhone 6 memiliki layar dengan ukuran 4,7 inci beresolusi Retina HD 1334 x 750 p dengan tingkat kerapatan gambar 326ppi. iPhone 6 memiliki tingkat ketebalan 6,9mm, iPhone 6 dianggap sebagai smartphone tertipis yang pernah diproduksi oleh Apple. 

Apple menggunakan prosesor A8 64-bit yang diklaim 25 persen lebih cepat dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, yaitu A7. Selain lebih cepat, chip ini juga mendapatkan dukungan dari sebuah chip grafis yang 50 persen lebih cepat dan 13 persen lebih kecil ketimbang A7 karena diproduksi lewat proses 20nm. 

Apple mengklaim bahwa performa prosesor ini mampu bertahan lebih baik & lebih lama ketimbang prosesor lain, dimana prosesor-prosesor tersebut biasanya melambat karena semakin panas. Jika chip A7 memiliki dukungan prosesor ekstra yaitu chip M7, maka chip A8 mendapatkan bantuan dari chip M8. Chip ini merupakan sebuah prosesor yang khusus ditugaskan untuk memproses data-data dari sensor yang menangkap aktivitas olahraga pengguna. 

Kecanggihan chip M8 mampu membedakan jenis aktivitas fisik pengguna, seperti misalnya berlari, bersepeda atau bahkan menghitung seberapa banyak tangga yang sudah Anda lewati. Hal ini merupakan sebuah kelebihan yang masih belum bisa diterapkan di chip M7. 

Untuk daya tahan baterai perangkat ini, Apple mengklaim bahwa iPhone 6 mampu bertahan selama 14 jam untuk talk time atau waktu bicara, web browsing 10 jam, serta mampu digunakan untuk video playback selama 11 jam. 

iPhone 6 juga sudah dukungan jaringan LTE advanced yang memungkinkan pengunduhan dengan tingkat kecepatan maksimal hingga 150Mbps, serta memiliki dukungan VoLTE dan carrier aggregation. Apple mengklaim bahwa kecepatan WiFi di iPhone 6 sudah meningkat 3x lipat dibandingkan dengan iPhone 5s dan kini memiliki dukungan untuk jaringan 802.11ac. 

Kamera iPhone 6 masih tetap menggunakan kamera dengan kekuatan 8 megapiksel. Sekalipun tingkat resolusi tersebut belum berubah sejak iPhone 4S, namun Apple mengatakan bahwa mereka menggunakan sebuah sensor jenis baru dengan tingkat piksel yang lebih besar. Kelengkapan lain meliputi lensa dengan aperture f/2.2 dan dual-LED flash, mirip seperti iPhone 5S, serta digital image stabilization. 

Untuk softwarenya, iPhone 6 bakal menggunakan sistem operasi iOS 8, lengkap dengan berbagai fitur baru serta HealthKit sebagai layanan terdepan. iPhone 6 akan mulai pre-order di Amerika Serikat pada tanggal 12 September mendatang dengan harga 199 dolar AS untuk versi 16GB, 299 dolar AS untuk versi 64GB, dan 399 dolar AS untuk versi 128GB. Seluruh harga adalah plus kontrak berlangganan selama dua tahun dengan operator selular disana. 

iPhone 6 hadir dalam pilihan warna gold (emas), silver, dan space gray (abu-abu), dan siap dikirimkan pada para pemesan mulai tanggal 19 September 2014. Ada beberapa negara yang akan mendapat kesempatan untuk menikmati iPhone 6 lebih awal salah satunya adalah negara tetangga kita Singapura. Namun Apple mengatakan kalau iPhone 6 siap beredar di 115 negara pada akhir tahun 2014. 


Spesifikasi dan Harga iPhone 6 Plus 
Selain mengumumkan iPhone 6, Apple juga mengumumkan produk phablet pertamanya yakni iPhone 6 Plus yang menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Secara garis besar, spesifikasi dari phablet ini mirip dengan iPhone 6, yang membedakan hanya pada ukuran display dan tingkat resolusinya. 

iPhone 6 Plus memiliki resolusi Retina HD 1920 x 1080p dengan tingkat kerapatan gambar 401ppi. iPhone 6 Plus bakal menggunakan tingkat aspek rasio 16:9, menyerupai iPhone 5. Hal ini berarti bahwa aplikasi yang rilis untuk iPhone 5 ke atas akan tetap tampak proporsional di iPhone 6 Plus. 

Soal daya tahan baterai, Apple mengklaim bahwa display 5,5 inci di iPhone 6 Plus tidak akan mengalami masalah, karena pengguna masih akan bisa menikmati 3G talk time selama 24 jam. Selain itu faktor hardware, Apple juga memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk mengoptimalkan display berukuran besar di iPhone 6 Plus. Fitur pertama adalah sebuah fitur gesture bernama 'Reachability'. 

Melalui fitur ini, pengguna cukup melakukan tap atau ketukan sebanyak dua kali pada tombol Home untuk menarik seluruh tampilan display ke bawah dan memungkinkan jempol pengguna untuk mengakses tombol-tombol software yang terdapat di bagian atas display (untuk aplikasi apapun). 

Dengan layar lebar 5,5 inci, pengguna iPhone 6 Plus juga akan bisa mendapatkan tampilan informasi yang lebih banyak ketimbang iPhone biasa. Misalnya, ketika pengguna memanfaatkan landscape mode, saat mereka membuka aplikasi Mail maka mereka akan mendapatkan sebuah daftar dari pesan-pesan yang masuk di sisi kiri serta isi pesan yang dipilih di sisi kanan. Sekilas tampak seperti iPad Air atau iPad Mini. 

iPhone 6 Plus dibanderol dengan harga 100 dolar AS lebih mahal dari iPhone 6 untuk masing-masing versi. Dengan paket kontrak berlangganan selama dua tahun, iPhone 6 Plus dibanderol 299 dolar AS untuk versi 16GB, 399 dolar AS untuk versi 64GB, dan 499 dolar AS untuk versi 128GB. 

Phablet anyar dari Apple ini pun hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu gold (emas), silver, dan space gray (abu-abu). Sesi pre-order maupun pengiriman iPhone 6 Plus bakal bersamaan dengan iPhone 6, yaitu mulai 12 September 2014 untuk pemesanan dan 19 September 2014 untuk pengiriman. 

Bagaimana anda tertarik dengan perangkat ini?, siap-siap jual perangka yang lama ganti dengan yang baru sambil menyiapkan kekurangan dananya. 

0 komentar:

Poskan Komentar test