ads

12 Perangkat Paling Bersejarah Dalam Perkembangan Android

Senin, 27 Oktober 2014
HTC Dream
Sistem operasi Android, memang benar-benar fenomenal. Berbagai vendor mampu berkolaborasi dengan Google dalam mengeluarkan produknya. Baru-baru ini Google secara resmi diluncurkan sistem operasi versi 5.0 atau yang dikenal dengan Lollipop atau versi utama kesebelas dari Android. 

Android Lollipop diyakini memiliki fitur-fitur yang lebih bagus bila dibandingkan dengan sistem operasi Android sebelumnya. Tapi pernahkah Anda tahu bahwa beberapa perangkat dari berbagai vendor berikut ini menjadi sejarah panjang dari sistem operasi Android.

Berikut 12 Perangkat Paling Bersejarah Dalam Perkembangan Android :
  1. T-Mobile G1/HTC Dream (Android 1.0). T-Mobile G1, atau yang juga dikenal sebagai HTC Dream, adalah perangkat Android pertama yang tersedia secara komersial di dunia. Perangkat ini diluncurkan pada bulan Oktober 2008 di Amerika Serikat. Saat itu perangkat ini belum banyak diminati, masih banyak orang yang lebih memilih menggunakan sistem operasi Symbian, dan iPhone versi kedua yang memiliki konektivitas 3G. Saat peluncuran, G1 berjalan menggunakan Android 1.0, yang tidak seperti kebanyakan Android terbaru yang memiliki nama yang bertema permen atau nama makanan. Smartphone ini memiliki ciri khas keyboard QWERTY slide-out, dengan layar HVGA 3,2 inci (320 x 480 piksel), perangkat ini memiliki dagu dengan tombol home yang menonjol. 
  2. HTC Magic/T-Mobile MyTouch 3G (Android 1.5 Cupcake). Pada tahun 2009 Android memiliki versi 1.5 atau dengan nama Cupcake. Perangkat ini diberi nama HTC Magic/T-Mobile MyTouch 3G. Dirilis di Eropa pada bulan April 2009, sementara di Asia (Mei), dan di Amerika Serikat (Juli), Magic merupakan smartphone Android touchscreen pertama, dengan keyboard QWERTY, tetapi tanpa dagu dengan layar HVGA 3.2 inci. 
  3. Motorola Devour (Android 1.6 Donut). Android 1.6 Donut adalah update Android yang agak aneh, karena terbilang cepat dan dibayangi oleh Android Eclair. Donat dirilis pada bulan September 2009, hanya satu bulan sebelum Eclair diluncurkan. Itu sebabnya tidak banyak banyak handset yang berjalan dengan sistem operasi Donut. Yang pertama adalah Motorola Devour, yang memiliki slider QWERTY diluncurkan oleh Verizon Wireless pada kuartal pertama tahun 2010. 
  4. Motorola Droid/Milestone (Android 2.0 Eclair). Sementara itu smartphone pertama yang hadir dengan Android 1.6 Donut dari hari pertama diperkenalkan pada tahun 2010, adalah Motorola Droid yang diluncurkan oleh Verizon pada bulan November 2009 di Amerika Serikat, dan dikenal sebagai Motorola Milestone di pasar lain. Verizon dan Motorola merilis Droid sebagai alternatif smartphone iPhone. Motorola Droid/Milestone adalah smartphone yang cukup besar pada saat itu, olahraga layar 3,7 inci dengan 480 x 854 piksel, dan keyboard QWERTY slide-out. 
  5. Motorola Droid 2 (Android 2.2 Froyo). Droid 2 diperkenalkan pada bulan Agustus 2010 sebagai penerus asli Motorola Droid. Ini adalah perangkat pertama untuk datang preloaded dengan Android Froyo. Ketika Droid 2 ngehit di Amerika Serikat, Google telah merilis Nexus One (berjalan dengan Android 2.1 Eclair pada saat peluncuran). 
  6. Google Nexus S (Android 2.3 Gingerbread). Kemudian pada tahun 2010 (bulan Desember), Google meluncurkan Nexus S buatan Samsung, yang menjadikan perangkat ini sebagai Android 2.3 Gingerbread pertama di dunia. Perangkat ini merupakan smartphone yang dibuat oleh Google bekerja sama dengan Samsung. 
  7. Motorola Xoom (Android 3.x Honeycomb). Android Honeycomb dikatakan sebagai percobaan gagal karena diluncurkan oleh Google sebagai versi tablet (bulan Februari 2011). Honeycomb memulai debutnya di Motorola Xoom slate yang diterima cukup baik oleh pelanggan, dan, untungnya akhirnya diperbarui ke Ice Cream Sandwich. 
  8. Galaxy Nexus (Android 4.0 Ice Cream Sandwich). Setelah sukses dengan Nexus S, Galaxy Nexus adalah handset kedua yang dibuat oleh Samsung untuk Google, dan yang pertama dalam seri Nexus yang memiliki layar dengan resolusi 720 x 1280 piksel dengan ukuran (4,7 inci, Super AMOLED). Galaxy Nexus juga merupakan perangkat pertama yang berjalan dengan Android Ice Cream Sandwich, yang dirilis pada bulan November 2011. 
  9. Google Nexus 7 (Android 4.1 Jelly Bean). Setelah ICS, Google bekerja lebih keras untuk meningkatkan pengalaman Android pada kedua perangkat yakni smartphone, dan tablet. Emudian lahirlah Android 4.1 Jelly Bean, dengan memulai debutnya pada perangkat buatan Asus dengan nama Google Nexus 7, tablet pertama dalam seri Nexus. Tersedia sejak Juli 2012, Nexus 7 adalah tablet terjangkau (dengan harga mulai dari $ 199), perangkat ini memiliki resolusi layar IPS 800 x 1280 piksel, dan prosesor quad-core Nvidia Tegra 3. 
  10. Google Nexus 5 (Android 4.4 KitKat). Diperkenalkan pada akhir Oktober 2013, Nexus 5 adalah smartphone Nexus kedua yang dibuat oleh LG setelah Nexus 4 (yang dirilis pada bulan November 2012 berjalan dengan Android 4.2 Jelly Bean). Seperti Nexus 7 dan Nexus 4, Google Nexus 5 menawarkan spesifikasi high-end dengan harga yang terjangkau, masih menjadi pilihan utama bagi Anda yang membutuhkan handset cepat. 
  11. Google Nexus 6 dan Google Nexus 9 (Android 5.0 Lollipop). Akhirnya, bulan Oktober 2014 ini, perangkat berbasis Android 5.0 Lollipop keluar. Pada saat ini, baru Google Nexus 5 dan Nexus 7. ​​Perangkat pertama untuk menjalankan Lollipop adalah Nexus 9 tablet buatan HTC dan smartphone buatan Motorola yang diberi nama Nexus 6. Keduanya memiliki fitur high-end, dan kali ini Google memutuskan untuk meminta harga premium untuk keduanya. Nexus 6 dibanderol dengan harga $ 649 / $ 699, sedangkan Nexus 9 dibanderol dengan harga $ 399 / $ 479. Kedua perangkat Nexus baru akan dirilis pada 3 November mendatang. 

0 komentar:

Poskan Komentar test