ads

Ilmuwan Kembangkan Teknologi Lensa Tembus Pandang

Jumat, 03 Oktober 2014
Lensa Tembus Pandang
Ilmuwan dari University of Rochester, New York Amerika Serikat sedang mengembangkan inovasi dalam bidang lensa optik. Lensa optik ini dapat membuat penggunanya tampak menghilang. Cloaking serupa seperti kemampuan pada film Harry Potter, tetapi inovasi yang dikembangkan ini memanfaatkan lensa optik. 

Ada banyak pendekatan teknologi tinggi untuk penyelubungan dan ide dasar di balik teknologi ini, diantaranya adalah mengambil cahaya dan membiarkannya melewati di sekitar sesuatu yang seolah-olah itu tidak ada, demikian diungkap John Howell, profesor fisika di University of Rochester.

Howell dan mahasiswa pascasarjana Joseph Choi mengembangkan kombinasi dari empat lensa standar yang membuat objek tersembunyi. Ini adalah perangkat pertama yang kami ketahui yang dapat melakukan tiga dimesi, penyelubungan multi arah secara terus-menerus,demikian kata Choi. 

Dalam sebuah ujicoba, mereka menempatkan objek yang diselubungkan di depan sebuah latar belakang grid atau bergaris-garis. Saat mereka melihat melalui lensa dan mengubah sudut pandang, grid tersebut ternyata bergeser. 

Dalam sebuah makalah yang ditampilkan di jurnal Optics Express, Howell dan Choi mengungkap sebuah hitungan matematis untuk tipe cloaking jenis ini dapat bekerja untuk sudut hingga 15 derajat atau lebih. Mereka menggunakan teknik yang disebut matriks ABCD. 

Matriks tersebut menggambarkan tikungan, bagaimana cahaya ketika melewati lensa, cermin atau elemen optik lainnya. Teknologi ini diharapkan dapat diaplikasikan untuk membantu dokter bedah, sehingga dokter bisa melihat apa yang sedang ia kerjakan di balik tangannya yang bekerja saat membedah pasien, bukan untuk melihat orang lain agar kelihatan pakaian dalamnya.

0 komentar:

Poskan Komentar test