ads

Inilah Beberapa Kegunaan Drone

Sabtu, 08 November 2014
Drone
Mungkin sebagian orang awam belum mengetahui apa itu drone?. Drone adalah pesawat kecil seperti mainan yang bisa diterbangkan dengan bantuan remote control atau bisa dikendalikan menggunakan perangkat pintar. Tren penggunaan drone di Indonesia semakin hari semakin ramai. Bahkan sudah ada beberapa komunitas pencinta pesawat nirawak tersebut. 

Salah satu komunitas drone yang cukup aktif adalah AR Drone Indonesia. Melalui laman Facebook, para anggota saling berbagi tentang ketertarikannya terhadap pesawat tanpa awak itu. Lengkap dengan sejumlah tips dan trik mengenai drone.

Menurut Awi Wicaksono, pengurus komunitas AR Drone Indonesia, di Indonesia, drone sudah lama digunakan, dan dipakai untuk beberapa keperluan. Ada dua kategori penggunaan drone di Indonesia. Pertama adalah untuk kepentingan pribadi sebagai hobi atau kegemaran, kedua adalah untuk kepentingan profesional yang terkait dengan pekerjaan. 

Pengguna pribadi biasanya menggunakan drone untuk foto selfie atau semacamnya, dan pengguna profesional menggunakan drone untuk berbagai keperluan seperti fotografi, jurnalistik, hingga industri film. Demikian diungkap Awi. 

Awi menambahkan dengan semakin banyaknya pengguna drone di Indonesia, harus dibuat aturan khusus untuk mengatur penggunaan drone di Indonesia. Sejauh ini mereka mengaku hanya berpatokan pada etika yang disepakati komunitas. Pilot tidak boleh menerbangkan drone lebih dari 400 kaki (122 meter) di atas tanah," ujar Awi. 

Aturan tidak tertulis itu memang mirip dengan peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. NASA telah meresmikan peraturan lalu lintas bagi para pengguna drone yang boleh menerbangkan diketinggian 400 hingga 500 kaki di atas permukaan tanah, atau sekitar 150 meter untuk ketinggian maksimal. 

0 komentar:

Poskan Komentar test