Dec 9, 2014

7 Hal Yang Dilarang Diposting ke Facebook

7 Hal Yang Dilarang Diposting ke Facebook

Jejaring sosial Facebook
Jejaring sosial Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbesar di dunia dan masuk ke dalam database Google. Maka disarankan untuk tidak mem-posting hal-hal yang dirasa tidak perlu ke Facebook. 

Selain itu ada baiknya Anda melakukan pengaturan privasi dengan benar agar Anda merasa lebih aman dan nyaman saat berinteraksi dan berjejaring dengan teman-teman di Facebook. Tapi masalahnya, terkadang akun teman Anda telah dibajak ketika mereka menginstal beberapa aplikasi jahat.

Lebih parahnya lagi, akun tersebut digunakan orang yang tak bertanggung jawab dengan menggunakan akun tersebut karena mereka lupa log out. Demi keselamatan Anda dan keluarga, sebaiknya jangan mem-posting informasi penting ke Facebook. (Baca juga 12 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Siswa Di Jejaring Sosial

Berikut adalah 7 hal yang tidak boleh di-posting ke Facebook atau media sosial lainnya
  1. Tanggal lahir Anda dan keluarga. Biasanya kita akan senang mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman di Facebook. Tentunya hal itu membuat Anda terkesan ketika mengetahui banyak orang yang ingat dan memperhatikan serta peduli dengan hari kelahiran Anda. Tapi masalahnya adalah hal ini memberikan peluang kepada hacker untuk mencuri identitas pribadi Anda. Ada baiknya untuk tidak mencantumkan tanggal lahir. Namun bila itu dirasa perlu, cukup cantumkan tahun kelahiran Anda saja. 
  2. Status hubungan. Para ahli cybersecurity menyarankan kepada para pengguna internet untuk tidak mencantumkan status hubungan di akun media sosial mereka. Karena hal itu memungkinkan penguntit mengetahui apakah Anda memiliki pasangan atau tidak. Jika Anda mengubah status hubungan menjadi single, maka akan memberikan lampu hijau bagi para penguntit. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk mengetahui bahwa Anda mungkin sedang sendirian di rumah. 
  3. Informasi keberadaan Anda. Mungkin maksudnya pamer kepada teman-teman media sosial Anda bahwa Anda berada di tempat-tempat tertentu yang membuat teman Anda iri, dengan menggunakan fitur location tagging di Facebook yang memungkinkan orang lain mengetahui dimana Anda berada. Masalahnya adalah bahwa Anda baru saja mengatakan kepada semua orang bahwa Anda sedang berlibur tidak ada di rumah. Jika Anda memberikan informasi berapa lama perjalanan liburan Anda, maka itu sama saja membiarkan pencuri mengetahui berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk merampok rumah Anda. Disarankan untuk tidak memberikan informasi di mana Anda berada. Anda dapat meng-upload foto liburan ketika Anda ketika sudah berada di rumah. 
  4. Informasi kesendirian. Bagi sebagian orangtua, mereka tidak ingin orang lain tahu bahwa anak-anaknya sedang sendirian di rumah. Jangan memberikan informasi kepada orang lain bahwa Anda sedang berada sendirian di rumah, terlebih lewat Facebook. Anda mungkin berpikir hanya teman-teman yang melihat status Anda. Namun jika akun Facebook teman Anda telah di-hack, orang lain bisa melihat status Anda. Alangkah baiknya untuk tidak mem-posting status apapun yang tidak ingin orang asing mengetahuinya.
  5. Foto dan nama anak. Berdasarkan penelitian 9 dari 10 orangtua mem-posting nama dan tanggal lahir anak mereka ke Facebook setelah melakukan persalinan di rumah sakit. Mereka biasanya langsung mengupload gambar anak-anak mereka dan men-tag-nya ke teman-teman, saudara serta kerabat mereka. Informasi ini sebenarnya sangat riskan karena membuka kesempatan bagi orang jahat untuk menculik anak Anda. Untuk melancarkan aksinya, mereka bisa menggunakan nama anak Anda serta nama-nama kerabat dan teman-teman Anda untuk membangun kepercayaan kepada pihak rumah sakit. Jika Anda ingin mem-posting foto anak-anak Anda ke Facebook, setidaknya jangan memberikan informasi identitas pribadi seperti nama lengkap dan tanggal lahir anak. Kemudian jangan tag foto anak ke teman-teman atau kerabat Anda. 
  6. Update status dalam keadaan emosional. Ketika Anda sedang emosi karena ada masalah dengan orang lain, sebaiknya Anda jangan menuangkan tulisan emosi tersebut ke media sosial karena orang akan bisa menilai bahwa Anda orangnya tempramen dan kalau Anda sedang melamar pekerjaan bisa tidak diterima bekerja hanya gara-gara update status. Selain itu jika Anda memposting status dengan nada emosi seperti mengancam, teror dan lain sebagainya akan berurusan dengan aparat kepolisian. 
  7. Memposting Informasi Rahasia. Sebaiknya di akun facebook jangan sekali-kali memposting informasi rahasia seperti nomor PIN ATM, password atau informasi penting lainnya di media sosial. Selain itu jangan pula menyebarkan informasi rahasia teman, atasan, perusahaan di media sosial karena bisa berdampak pada pencemaran nama baik. 
Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda semua. 

Sumber
7 Hal Yang Dilarang Diposting ke Facebook
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon