ads

Hati-hati Ada Malware Baru Bersembunyi di Aplikasi WhatsApp

Kamis, 18 Desember 2014
Malware baru di smartphone
Bagi Anda pemilik smartphone harus berhati-hati dan waspada,  baru-baru ini ada malware baru yang menginfeksi smartphone berbasis Windows Phone, Android, iPhone, serta aplikasi Android yang berjalan di perangkat BlackBerry, demikian diungkap Kaspersky Labs. 

Malware berbahaya di smartphone tersebut bernama 'Inception-Cloud Atlas' dan menyerang para eksekutif dunia bisnis, pemimpin militer, serta diplomat. Kabarnya malware ini diduga sengaja diciptakan dengan bantuan dari sebuah pemerintahan. Pihak yang mendanai malware ini dipastikan telah memberikan segalanya untuk mencegah pihak lain mengetahui siapa pembuat dari serangan malware ini.

Data-data yang berhasil dicuri oleh malware ini kemudian disimpan di layanan cloud storage yang berbasis di Swiss, yakni CloudMe. Ganasnya malware ini, bagi smartphone Android yang terinfeksi, maka percakapan telepon mereka akan otomatis terekam dalam bentuk file MP4 untuk kemudian diunggah ke si penyebar malware tersebut. 

Malware berbahaya ini diketahui disembunyikan dalam sebuah update aplikasi WhatsApp. Para pengguna smartphone dan tablet disarankan untuk tidak melakukan update aplikasi WhatsApp, kecuali update tersebut datang langsung dari Windows Phone Store, Google Play Store, dan Apple Store. 

Para pengguna Android juga disarankan untuk tidak dengan mudahnya menggunakan aplikasi yang bukan berasal dari Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iPhone, diharapkan untuk tidak melakukan jailbreak di perangkatnya, seperti dilansir dari Appleinsider. Lima negara yang paling diincar oleh malware ini adalah Rusia, Kazakhstan, Belarus, India, serta Republik Ceko. 

Negara lain yang rentan diserang adalah Rumania, Venezuela, Mozambik, Paraguay, serta Turki yang menginfeksi sistem melalui spear phishing e-mail yang menarik korban untuk membuka file jebakan dengan kode mengeksploitasi kerentanan di Microsoft Word. 

Oleh karena itu hati-hati dan waspada serta tidak sembarangan update aplikasi jika datangnya bukan dari aplikasi milik sistem operasi dari smartphone yang Anda miliki. 

2 komentar for Hati-hati Ada Malware Baru Bersembunyi di Aplikasi WhatsApp :

  1. Wah hati-hati juga ya, saya juga pengguna WA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak majalah. yg diserang cuman para eksekutif dunia bisnis, pemimpin militer, serta diplomat. selain itu tenang aja, kalifah menggongong anjing terus berlari.

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam