Dec 26, 2014

Hati-hati Ada Virus Pengunci Komputer Yang Minta Tebusan

Hati-hati Ada Virus Pengunci Komputer Yang Minta Tebusan

Virus terbaru di komputer atau laptop

Virus di komputer atau laptop tidak akan pernah mati sampai kapan pun. Sejak 2013, ada virus yang bernama ransomware. Virus ini suka mengunci komputer dan data milik korban serta meminta tebusan untuk membukanya. Menjelang akhir tahun 2014 ini ternyata virus ini sudah berevolusi. 

Virus ini menjangkiti komputer ketika korban lalai mengunduh file bervirus atau bocor di jaringan komputer yang sering digunakan. Virus ini menjangkiti komputer dalam tiga jenis, yang pertama virus hanya mengunci layar, kedua virus ini hanya mengunci file di harddisk. Sementara virus yang ketiga mampu melakukan aksi pertama dan kedua tadi. Sebagai contoh adalah ransomware yang menginfeksi sistem operasi Android. 

Tapi baru-baru ini sudah muncul jenis paling baru, yang jauh lebih canggih. Seperti dirilis oleh perusahaan antivirus ternama ESET, Ransomware terbaru ini teridentifikasi dengan nama Win32/Virlock. 

Ransomware ini selain mengunci layar, serta mengenkripsi file, juga menginfeksi file-file tersebut dengan dengan memasukan program ke executable file, kemudian bertindak sebagai virus parasit. Tidak ubahnya seperti organisme, virus yang satu ini pun mampu bereproduksi. 

Kombinasi semua kemampuan ini, menurut analis di ESET, merupakan yang pertama ditemukan di di jagad virus komputer atau laptop yang ada saat ini. Virus canggih ini sudah terdeteksi di Amerika Serikat. 

Kalau komputer korban terinfeksi, maka Win32/Virlock akan menginstal programnya secara di komputer dan aktif ketika Windows di-boot up. Ia malah punya kemampuan pertahanan diri ketika ada upaya untuk menghapus virus tersebut. 

Jenis file yang bisa terinfeksi virus ini cukup beragam. Mulai dari yang berekstensi .exe, .doc, .xls, .zip, .pdf, .mp3, .png, .gif, .bmp, .jpg atau .jpeg, dan lain sebagainya. Pesan yang dikirimkan pada komputer korban biasanya berisi permintaan tebusan jika ingin sistem komputer atau laptopnya bisa diakses lagi. Malah ada pelaku yang meminta uang tebusan baik menggunakan uang asli maupun dalam bentuk mata uang virtual bitcoin. 

Hati-hati Ada Virus Pengunci Komputer Yang Minta Tebusan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon