ads

Prediksi Tren Blogger Indonesia Tahun 2015

Senin, 05 Januari 2015
Kopdar Blogger

Tahun 2015 baru berjalan beberapa hari, sebagai seorang blogger tentu harus optimis menghadapi tahun yang penuh persaingan ini. Begitu juga dalam hal tulis-menulis dalam dunia perbloggeran. Persaingan dengan sesama blogger untuk berkompetisi secara sehat baik dalam lomba menulis dan juga mendapatkan penghasilan akan semakin ketat. 

Jika Anda seorang blogger pemula tentu sedang mencari bentuk kategori blog apa yang akan berkibar di tahun 2015. Blogger kategori apa saja yang akan banyak dicari oleh brand atau merek untuk mengiklankan produk atau jasanya atau istilahnya kampanye produk atau jasanya.

Pada tahun 2014, banyak blogger yang sering mendapatkan job review atau mengulas suatu produk atau jasa tertentu selain menggunakan media blog juga memanfaatkan media sosial seperti twitter atau yang dikenal dengan istilah buzzer tetapi untuk tahun 2015 sepertinya akan bergeser menggunakan media sosial yang lain dan aplikasi perpesanan seperti instagram, path, Pinterest, linked In, BBM, Line, dan WhatsApp. 

Pasalnya sekarang banyak jasa buzzer yang bisa menjadikan trending topik hanya dalam hitungan menit dan dengan menggunakan apliaksi tertentu dan bayaran yang relatif murah, bahkan hanya dengan memberikan pulsa puluhan ribu saja. Oleh karena itu banyak brand atau merek yang mengganti jasa tersebut dan tetap menggunakan jasa blogger untuk memberikan brand image yang positif. Selain itu untuk meningkatkan SEO dari brand tersebut. 

Inilah prediksi blogger yang akan berkibar di tahun 2015
  1. Blogger Tekno. Blogger tekno, gadget dan telekomunikasi masih tetap berkibar di tahun 2015. Pasalnya banyak brand atau merek baru yang berburu tulisan blogger yang menarik sehingga tulisannya dibaca oleh ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung. 
  2. Travel Blogger. Travel Blogger masih tetap dibutuhkan oleh jasa pariwisata dan pemerintah untuk turut serta dalam memasarkan produk-produknya terutama obyek wisata, jasa penginapan, jasa transportasi, cinderamata dan lain sebagainya. Terutama menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015.
  3. Fashion Blogger. Blogger yang hobi mengulas tentang pakaian ini akan menjadi incaran brand-brand baik lokal maupun internasional termasuk toko online yang menjual pakaian dan aksesoris. Blogger ini akan semakin banyak dicari oleh brand atau perusahaan toko online dan toko atau butik pakaian. 
  4. Family Blogger. Blogger yang membahasa tentang permasalahan anak dan keluarga diprediksi akan semakin melambung seiring banyaknya brand lokal yang bermain di ranah ini. Baik dari brand pakaian, obat-obatan, dan alat kesehatan. 
  5. Blogger Otomotif. Selain blogger-blogger tadi, blogger yang membahas tentang dunia otomotif akan semakin kebanjiran rejeki karena persaingan di ranah otomotif baik itu sepeda motor maupun mobil terbilang masih sedikit.
  6. Foto Blogger. Kini mulai banyak blogger-blogger yang hanya menampilkan foto-foto di blognya dengan hanya sedikit deskripsi tulisan. Mereka lebih memilih mengeksplorasi foto dibandingkan dengan tulisannya. 
Itulah prediksi saya menghadapi tahun 2015. Blogger juga masih akan tetap mendapatkan penghasilan dari iklan, tetapi iklan yang diinginkan oleh brand sekarang sudah ke CPA (Click Per Action), yang artinya brand akan membayar jika ada aksi atau tindakan dari iklan yang dipasarkannya sesuai dengan target yang diinginkan. 

Kalau di tahun 2014 dengan follower seribuan sudah bisa mendapatkan job atau buzzer, kini di tahun 2015 yang dicari adalah blogger dengan follower lebih dari 5.000 dengan catatan bukan bot. Sekarang brand lebih memiliki media sosial lain seperti Instagram, Path, Pinterest dan Linked In. Selain itu melalui aplikasi perpesanan seperti BBM, Line, dan WhatsApp. 

Sedangkan untuk job review, kini para brand sudah mulai cerdas dengan menerapkan sistem paket tidak mau hanya melihat dari sisi tulisan saja, tetapi brand ingin melihat jumlah pageview ke tulisannya, jumlah viewer ke blognya tetapi juga menggunakan media sosial untuk menunjang tulisan tersebut. 

Sementara itu untuk Komunitas Blogger di Indonesia ada dua prediksi dimana ada beberapa komunitas blogger yang semakin tenggelam karena tidak ada kegiatan, ada pula komunitas blogger yang baru beberapa tahun berdiri semakin berkibar walaupun tidak ada sponsor atau iklan. 

Mereka bisa mendapatkan cara melalui menjual merchandise seperti kaos, pin dan lain sebagainya, selain itu ada yang melalui jasa review kepada perusahaan lokal yang ada di sekitarnya. Serta mengumpulkan dana dari para donatur. 

Tapi saya sudah mengingatkan kepada murid-murid saya bahwa ngeblog bukan hanya mencari uang, tetapi juga kepuasan ketika tulisan dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat untuk orang lain, merupakan kebahagiaan tak ternilai melebihi dari mendapatkan hadiah dari lomba blog. Apalagi tulisan kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan. 

Itulah prediksi dan analisa saya tentang tren blogger Indonesia tahun 2015. Anda boleh setuju atau tidak dengan pendapat saya. Anda bisa berbagi pendapat Anda di komentar. Terima kasih Salam dari Komunitas Blogger Indramayu.

46 komentar for Prediksi Tren Blogger Indonesia Tahun 2015 :

  1. Travel blogger itu loh, yang kayaknya bakal jaya deh sepanjang tahun.
    Iya nih komunitas blogger sekarang kebanyakan gitu jual merchandise, hhe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jualan kaos juga hehe tapi itu kreatif

      Hapus
    2. Iya,kalau kaus sih biasanya buat identitas.. tapi dengan risiko kadang orang luar juga ikut beli. yah. jadi ngga sekedar buat identitas malah cari duit.

      Hapus
  2. Family Blogger, wow pasti seru! cerita keluarga di posting ke Blog, hmm belum banyak yang melakukan nya. Bisa tuh jadi peluang trend di 2015 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ca bisa jadi peluang loh... family blogger

      Hapus
  3. wah ini jangan sampai ada brand yang baca, jiahaha
    kasian blogger pemula tak ramah visitor seperti saya, hilang deh keinginan mau jalan jalan ke Indramayu karena hasil blog hehehehe
    Tentang Niche Blog itu ada benernya juga, harus cari niche yang cucok nih tuk 2015. Semoga prediksi yang ntuh adalah komunitas blogger di Medan aamiin, secara blogger di Medan redup tenggelam, hiks - hiks eh curcol.

    salam dari komburkali.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang brand udah tahu itu...untuk blogger pemula jgn berkecil hati tidak ada blogger yang langsung jadi hebat mulainya dari awal dulu

      Hapus
  4. Saya setuju terutama yang poin satu mengenai techno karena itu akan terus berkembang seiring dengan kemampuan manusia yang terus bertambah dan adanya rasa haus untuk berinovasi membuat manusia akan semakin bergeser fungsinya oleh robot dan teknologi.

    BalasHapus
  5. suka bagian ini >> "ngeblog bukan hanya mencari uang, tetapi juga kepuasan ketika tulisan dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat untuk orang lain"

    semangat ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul khan mas... terkadang kita sangat senang saat ada orang yang bilang terima kasih atas tulisannya karena bermanfaat wah itu udah tak ternilai oleh uang

      Hapus
  6. Benar tu kata kata "jangan ngeblog karena materi saja tanpa didasari niat tulus dan berbagi manfaat, bukan nantinya kita akan dapat duit juga jika blog kita byk dgn artikel yg selalu update apalagi pahala itu sdh pasti.

    Semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas rejeki akan selalu mengikuti

      Hapus
  7. aku nggak masuk ya kang -_- aku kan blog campur-aduk-apa-saja-boleh-masuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. honey masuk lah kan peringkat alexa dan googlenya udah bagus pasti banyak diburu brand lah ditambah kualitas tulisannya juga bagus khan?

      Hapus
  8. Setuju, Travel blogger sedang menikmati masanya. Banyak travel blogger bermunculan tahun lalu.

    ditunggu ya kang di sini :) http://go.udafanz.com/tblog2015

    BalasHapus
  9. Travel Blogger lagi berjaya ya :D
    kalo blogger gado2 kayak saya gx masuk hitungan nih :D
    tapi walau bagaimanapun tetep semangat ngblog ajah
    salam kenal kang

    @chikarein
    http://rainisrainbow.blogspot.com/2015/01/ini-dia-blogger-yang-akan-ngetrend-di.html

    BalasHapus
  10. Kalau saya lebih suka ke gadget, soalnya hobi juga review gadget di blog google adsense :)

    @IfanAndriP - www.ifantastis.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul blog gadget enak updatenya banyak sumbernya

      Hapus
  11. aku sih apapun trendnya yang penting tetep ngeblog.
    Adibriza.com

    BalasHapus
  12. Pengen deh punya blog Tekno, peluang Paid Review besar tuh kang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul bisa mencapai jutaan per artikel

      Hapus
  13. Beauty blogger juga lhoo... Hehehehe

    Noniq.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kalo saya masukin ke fashion blogger

      Hapus
  14. gimana dengan blog kesehatan mas?

    BalasHapus
  15. Tapi kadang kepikiran nih mas, gimana kalo seorang blogger ngga suka produk yg hrs dia review padahal dia dpt fee dari situ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya sih itu sebagai media pembelajaran untuk belajar menulis semua genre

      Hapus
  16. aduh tipe blog ane ga ada sedih... www.dangdutberisik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog musik takut kena HKI jadi rada2 gimana gitu

      Hapus
  17. Pokok e ngeblog biar makin GoBlog (maksudnya : semakin bersemangat ngeblog)

    BalasHapus
  18. Tren blogger 2015 rasanya masih di dominasi bahasan seputar Travelling, Fashion dan Teknologi, meskipun kini panasnya aura politik antara KIH dan KMP membuat bahasan politik tetap seru disusul topik seputar Ekonomi dan kewirausahaan atau bisnis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya saja, Blogger kudu berpadu dengan para buzzer, agar harapan pihak ketiga mau gunakan jasa atas potensi yang ada semakin mengerucut dan GOOL, blogku mampu hasilkan rupiah :)

      Hapus
  19. Wih blogger tekno berjaya nih, kudu update terus nih di blog Okephone.com :D

    BalasHapus
  20. blogger tekno mah ga ada habisnya selalu ada yang baru

    BalasHapus
  21. Karena katanya ada wacana Tiket Pesawat Murah bakal dihapus, mgkin bakal ngaruh juga sama si Travel Blogger. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada batas atas sama bawahnya ko mas

      Hapus
  22. Balasan
    1. wah berarti nanti makhluk langka dong blogger

      Hapus
  23. menciptakan konten lebih membahagiakan daripada hanya sekedar menikmati konten yah mas.

    BalasHapus
  24. Nah kalau saya, kayaknya masih seia dlm trend blogger gado-gado neh. Iya sey, pengen ngeposting yg tematik. One day, hope it come true

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan ketemu lebih nyaman di genre apa ko..

      Hapus
  25. Wah blog saya isinya gado-gado saja nih Mas...
    Tapi tetap deh semangat ngeblog saja. Siapa tahu ada manfaatnya bg yang berkunjung atau kesasar ke blog saya...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa-apa nanti juga akan ketemu nyamannya ngeblog dimana

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam