ads

Aplikasi Untuk Anggota Pramuka Diluncurkan

Sabtu, 21 Februari 2015
Pandu App

Hari ini tanggal 21 Pebruari 2015 bertempat di Gedung Juang 45 Sukabumi, aplikasi untuk anggota Pramuka yang diberinama PanduApp baru saja diluncurkan. Acara peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Kak Dede Yusuf Efendi. 

Aplikasi besutan dari Relawan TIK Sukabumi yang dikomandoi oleh Sandy Mulyana, Gerry Sugiran, Refira dan tim Saka Telematika dan Relawan TIK Indonesia. Setelah dibuat kemudian prototipenya diperlihatkan kepada Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Dede Yusuf dan langsung menyetujui aplikasi tersebut. Aplikasi ini dukungan penuh oleh Cipta Media Selular.

Aplikasi ini diciptakan untuk anggota Pramuka yang tersebar di Indonesia, yang menurut data jumlahnya mencapai 26 Juta dari anak pelajar hingga orang dewasa. Jumlah ini sayang kalau tidak digunakan untuk hal-hal yang positif. 

Kelebihan aplikasi jejaring sosial PanduApp ini adalah bisa memfilter jika salah satu anggota pramuka memasukkan konten negatif. Karena admin Pandu App akan bekerja 24 jam dan akan segera menghapus konten negatif. 

Kelebihan lainnya adalah aplikasi Pandu App bisa digunakan di semua perangkat karena berbasis website, tetapi Android akan memiliki aplikasi khusus. Aplikasi anggota di Pandu App terdiri dari Anggota Dewasa dan Peserta didik. 

Untuk Anggota Dewasa biasanya para pembina, pelatih, pengurus Kwaran, Kwarcab, Kwarda, dan Kwarnas atau bisa juga orang dewasa yang aktif dalam kepramukaan. Anggota Dewasa akan diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator. 

Sementara untuk Pelajar bisa langsung daftar disini. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur seperti Kuis, Agenda Saya, Materi Pelatihan, dan Daftar Anggota. Seperti halnya jejaring sosial lain, Pandu App juga Permintaan pertemanan, pemberitahuan dan kotak pesan. 

Selain itu aplikasi ini akan memberikan poin atau penghargaan jika kita sering melakukan kebaikan kepada teman-teman kita di jejaring sosial ini. Poinnya dari 0, 1, 2 dan seterusnya. 

Uniknya lagi kita bisa berteman atau mencari teman dengan anggota Pramuka dimana pun kita berada. Misalnya Pramuka dari Jawa Barat sedang jalan-jalan ke Bali kemudian sedang jalan-jalan di Bali, Anda tinggal tekan lokasi saja maka Anda akan menemukan rekan Pramuka di Bali. 

Dengan hadirnya aplikasi ini tentu akan menambah semarak lagi dunia kepramukaan di Indonesia karena bisa berjejaring sosial, belajar hingga berorgansisasi. Kami mengapresiasi aplikasi ini untuk disebarluaskan kepada anggota Pramuka seluruh Indonesia. Bagi Anda pengguna Android, Aplikasi PanduApp ini sudah bisa didownload di Play Store di sini.

Mudah-mudahan aplikasi ini segera diterapkan rekan-rekan Pramuka dimana pun berada dan Pramuka Indonesia lebih baik lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar test