ads

Hati-hati Penipuan Lewat Akun Facebook Semakin Marak

Kamis, 05 Februari 2015
Penipuan via Facebook

Rupanya otak-otak para penipu selalu berputar dan mencari bagaimana cara menipu orang lagi. Setelah beberapa tahun yang lalu marak penipuan lewat SMS dengan iming-iming mendapatkan hadiah uang jutaan rupiah atau mobil dengan mengatasnamakan dari salah satu operator selular, kini muncul kembali penipuan dengan cara lain. 

Saat ini mulai marak penipuan menggunakan akun media sosial seperti Facebook dengan cara memohon bantuan meminjam uang hanya satu hari dan meminta transfer saat itu juga karena ATMnya ke telan atau yang lainnya. Ini dialami oleh rekan-rekan blogger yang tidak mengetahui bahwa akun facebooknya diretas oleh cracker melalui akun media sosial.

Karena kasian dan kemungkinan juga karena pengaruh hipnotis, akhirnya rekan blogger tersebut segera mengirim uang ke nomor rekening yang dimaksud dalam pesan facebook. Saya yakin jika Anda memiliki uang dan ada rekan yang kesulitan pasti akan berusaha membantu semampu Anda. 

Tapi ternyata orang yang bersangkutan tidak tahu menahu kalau akunnya digunakan untuk meminjam uang ke blogger yang lain dan meminta transfer sejumlah uang. Tidak hanya satu orang ternyata si cracker ini melakukan hal yang sama kepada teman-teman facebooknya. 

Entah berapa orang yang jadi korban dari penipuan melalui inbox akun facebook yang diretas ini. Tapi yang pasti adalah kewaspadaan kita sebagai pengguna harus jeli melihat hal tersebut. Selain itu jangan mudah percaya dengan siapa pun termasuk rekan sendiri di media sosial. Karena belum tentu teman kita yang menggunakannya tetapi orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 

Beberapa waktu yang lalu pun saya pun pernah mengalami ada rekan blogger yang meminta pulsa dengan alasan mobilnya mogok. Tapi yang membuat saya curiga adalah dia minta pulsa yang besar yakni 100 ribu. Karena terasa berat saya pun menghubunginya. Tapi ada keganjilan nomor yang ingin diisi pulsa tersebut tidak diangkat setiap kali dihubungi. 

Akal sehat saya mulai jalan bahwa akun facebook ini bukan orang yang aslinya sehingga tidak mau mengangkat telepon dari saya. Kemudian saya pun menghubungi rekan-rekan dekatnya dan menjawab bahwa itu bukan nomer handphonenya dan dia memberitahukan pemilik akun tersebut bahwa akun facebooknya ada yang ngehack. 

Beruntung saya tidak jadi ditipu oleh para penjahat yang selalu mengintai username dan password media sosial yang dianggap paling gampang diretas. Pengalaman berharga ini mudah-mudahan tidak terjadi pada diri dan rekan-rekan Anda.

2 komentar for Hati-hati Penipuan Lewat Akun Facebook Semakin Marak :

  1. Harus hati-hati ni. Tak hanya di media sosial saja, penipuan juga bisa melalui ponsel dengan cara memberi tahu nomor baru via panggilan. https://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/02/11/modus-baru-penipuan-pelaku-beri-tahu-nomor-hp-baru/

    BalasHapus
  2. wah, harus lebih berhati hati lagi nih untuk pengguna facebook ....
    thanks infonya gan ....
    mampir di blog ane juga gan, www.kabarlangit.com

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam